Hadiah Rancage & Samsudi untuk Sastra Sunda

Dimas Prasetyaning    •    22 Agustus 2015 21:35 WIB
kemenpan ads
Hadiah Rancage & Samsudi untuk Sastra Sunda
Menteri Yuddy bersama Gubernur Jabar dan Walikota Bandung, sesaat setelah menerima cindera mata dari Ajip Rosidi, pendiri Yayasan Kebudayaan Rancage.

Metrotvnews.com, Bandung: Produk kesusasteraan kita harus mampu menjadi sumber inspirasi sekaligus pengawal hati dan pikiran kita semua dalam mempertahankan identitas nilai-nilai ke-Indonesia-an yang telah digariskan oleh leluhur dan para founding fathers kita. 

Demikian disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Yuddy Chrisnandi, dalam penyerahan Hadiah Sastra Rancage dan Hadiah Samsudi 2015 di Gedung Pusat Studi Sunda, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (22/8/2015). Apresiasi yang tinggi atas acara yang memotivasi para sastrawan, seniman dan budayawan untuk terus berkarya. 

"Menjadi harapan kita semua, bahwa dengan pemberian kedua hadiah ini dapat menambah motivasi para insan sastera di tanah air untuk senantiasa menggelorakan semangatnya dalam bekerja sehingga bisa melahirkan karya-karya sastera terbaik dan sekaligus memberi kontribusi positif dalam mengisi alam kemerdekaan yang telah kita nikmati selama 70 tahun." Kata Yuddy.

Menurutnya salah satu permasalahan pokok bangsa yang harus diselesaikan adalah merosotnya kewibawaan negara, melemahnya sendi-sendi perekonomian nasional, merebaknya intoleransi dan krisis kepribadian bangsa. Tapi mustahil dapat diatasi tanpa adanya perubahan dan keterlibatan semua pihak, termasuk para sastrawan.

Karya sasterawan harus mampu menjaga agar masyarakat tidak terjebak pola hidup egoisme dan mendewakan gaya hidup hedonis. Karya sastera harus juga dilandasi nilai-nilai mengedepankan kepentingan masyarakat di atas kepentingan diri sendiri/golongan, gotong royong, peduli lingkungan hidup, serta memperhatikan etika dan estetika.

Pada kesempatan itu, Ajip Rosidi menyampaikan kesedihannya karena minat membaca dan apresiasi terhadap kesusasteraan sangat rendah."Bangsa kita tidak suka membaca. Tidak suka karya satra yang berkualitas," kata Kang Ajip.

Diakhir acara Yuddy menyerahkan penghargaan kepada para sasterawan penerima Hadiah Sastera Rancage dan Samsudi 2015, serta melihat pameran lukisan karya para seniman daerah. Turut hadir Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Walikota Bandung Ridwan Kamil dan mantan komisioner KPK Ery Riyana Hardjapamekas.

Hadiah Sastra Rancage adalah penghargaan yang diberikan kepada orang-orang yang dianggap telah berjasa bagi pengembangan bahasa dan sastra daerah di Indonesia. sedangkan Hadiah Samsudi adalah penghargaan khusus untuk penulis buku bacaan anak berbahasa Sunda.

Yayasan Kebudayaan Rancage didirikan sebagai rumah belajar berdasarkan kepedulian terhadap pelajar pribumi yang semakin tidak mengenal budaya lokal serta jauh dari nilai-nilai keislaman.
 


(LHE)

Real Madrid Memboyong 20 Pemain saat Menyambangi APOEL
Jelang APOEL vs Real Madrid

Real Madrid Memboyong 20 Pemain saat Menyambangi APOEL

1 hour Ago

Real Madrid akan berhadapan dengan APOEL pada penyisihan Grup H Liga Champions 2017 -- 2018, 22…

BERITA LAINNYA
Video /