Warga Solo Peduli Gajah

Pythag Kurniati    •    23 Agustus 2015 11:32 WIB
lingkungan
Warga Solo Peduli Gajah
Komunitas Earth Hour menggelar aksi menggalang donasi peduli gajah. Foto: MTVN/Pythag

Metrotvnews.com, Solo: Memperingati Hari Peduli Gajah pada 12 Agustus, puluhan anggota Komunitas Earth Hour menggelar aksi menggalang donasi. Aksi ini mereka lakukan pada saat pemberlakuan car free day, di Jalan Slamet Riyadi, Solo, Minggu, 23 Agustus 2015, pagi.

"Di sini kita juga membuat gantungan kunci dari gulungan kertas dan dibentuk menyerupai gajah untuk diberikan pada masyarakat yang telah memberikan donasi," kata penanggung jawab aksi, Intan Nisa.

Menurutnya, aksi ini didorong oleh keprihatinan terhadap kondisi gajah di Indonesia. "Di habitatnya di Riau, WWF mencatat populasi gajah turun hingga 84 persen dalam rentang waktu 2004 hingga 2013," jelasnya.

Penurunan populasi ini, masih menurut Intan, disebabkan karena 70 persen habitat gajah telah rusak. "Maka mereka kemudian banyak lari ke rumah warga sebab habitatnya rusak. Di antara mereka juga diracuni dan diburu," imbuhnya.

Intan berharap, aksi ini dapat mengedukasi masyarakat mengenai kondisi gajah serta menggerakkan hati mereka untuk memberikan donasi.

"Donasi yang terkumpul akan kita sumbangkan ke Taman Satwa Taru Jurug untuk pakan gajah. Mengingat satu ekor gajah membutuhkan pakan ideal sebanyak 170 kilogram setiap harinya," tutupnya.


(UWA)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

3 days Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /