Soekarwo Raih Gelar Doktor Honoris Causa dari Unair

Catur Irawan    •    23 Agustus 2015 13:20 WIB
gelar
Soekarwo Raih Gelar Doktor Honoris Causa dari Unair
Gubernur Jawa Timur, Soekarwo menyampaikan pidato ilmiahnya saat penganugerahan Gelar Doktor Kehormatan atau Doctor Honoris Causa (DR HC) di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (22/8). Foto: Antara/M Risyal Hidayat

Metrotvnews.com, Surabaya: Gubernur Jawa Timur Soekarwo menerima gelar kehormatan doktor honoris causa bidang ekonomi dari Universitas Airlangga Surabaya, Jawa Timur. Gelar ini diberikan karena prestasi dan kinerja Soekarwo selama memimpin Jawa Timur, terutama di bidang pembangunan dan pertumbuhan ekonomi.

Di hadapan ribuan tamu undangan yang hadir di Aula Garuda Mukti Kampus C Universitas Airlangga, Soekarwo menyampaikan orasi ilmiahnya berjudul Jatimnomics: Sebuah Model Indonesia Incorporated dalam Menghadapi Era Perdagangan Bebas Menuju Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif.
 
Soekarwo mengatakan jatimnomics sebagai sistem ekonomi khas Jawa Timur yang membuat perekonomian tumbuh pesat. "Tanpa diadopsi secara langsung oleh pemerintah provinsi lain di Indonesia, jatimnomics sudah berlaku di daerah lain," katanya, Sabtu (22/8/2015).

Berjalannya bisnis ke bisnis antarprovinsi membuat kebijakan ini berjalan dengan sendirinya di provinsi lain. "Jatimnomics merupakan perpaduan liberalisasi dengan keadilan dan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Pembenahan bidang industri, kata Soekarwo, juga menjadi wujud nyata lain program jatimnomics. "Setelah industri dibenahi,  dibentuklah pasar dengan membuka kantor perwakilan dagang Jawa Timur. Pemimpin kantor perwakilan ini bisa disebut atase," katanya.
 
Gelar kehormatan doktor honoris causa kepada soekarwo ini adalah gelar kesepuluh yang dikeluarkan Unair. Untuk bidang ekonomi merupakan yang kedua.

Unair memberikan gelar ini karena selama sekian tahun terakhir prestasi dan kinerja Soekarwo, terutama di bidang pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, cukup bagus. {Pertumbuhan ekonomi Jawa Timur dalam beberapa tahun terakhir selalu di atas pertumbuhan ekonomi nasional.


(UWA)

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo
Jelang Napoli vs Shakhtar Donetsk

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo

41 minutes Ago

Napoli dijadwalkan bentrok kontra Donetsk untuk memainkan matchday kelima Liga Champions 2017--…

BERITA LAINNYA
Video /