Review VGA

Sapphire NITRO R7 370 4G: Jawara VGA Kelas Menengah

Riandanu Madi Utomo    •    23 Agustus 2015 14:04 WIB
review kartu grafis
Sapphire NITRO R7 370 4G: Jawara VGA Kelas Menengah
Sapphire NITRO R7 370 4G

Metrotvnews.com, Jakarta: PC adalah platform gaming yang paling dinamis. Anda dapat membangun PC kelas atas yang menggunakan dua atau bahkan empat kartu grafis seharga belasan juta rupiah, ditambah dengan prosesor dan motherboard kelas ekstrem.

Anda juga dapat menekan biaya tersebut dengan memilih komponen kelas menengah, tentunya kemampuannya tidak akan sebagus PC kelas atas. Meskipun demikian, PC kelas menengah masih banyak diminati terutama ketika nilai dolar Amerika terus menguat seperti sekarang ini.



Membangun PC kelas menengah lebih sulit ketimbang membangun PC kelas atas karena jenis dan jumlah komponennya lebih beragam. Tidak semua merek memiliki lini produk kelas ekstrem, namun hampir semuanya memiliki lini produk kelas menengah.

Sapphire adalah salah satu yang memiliki lini produk yang beragam, dan kali ini kami berkesempatan menguji kartu grafis kelas menengahnya, Sapphire NITRO R7 370 4G.

Sapphire NITRO R7 370 4G menggunakan chip grafis AMD Radeon R7 370 yang baru saja dirilis beberapa waktu yang lalu. Chip grafis AMD Radeon R7 370 sendiri memiliki berbagai fitur, di antaranya adalah dukungan terhadap DirectX 12 dan Windows 10, telah menggunakan arsitektur Graphic Core Next (GCN), mendukung penggunaan dua kartu grafis melalui Crossfire, dan lain-lain.

Jika melihat dari target pasarnya, kartu grafis ini menargetkan pengguna kelas menengah dan para game game kompetitif serta game online agar dapat bermain lancar di resolusi 1080p. Namun apakah performanya hanya sebatas untuk game-game tersebut?



Dalam berbagai pengujian, kami menemukan fakta yang cukup mengejutkan. Di beberapa game terkini, Sapphire NITRO R7 370 4G dapat menghasilkan performa yang cukup tinggi, bahkan pada pengaturan grafis ultra di 1080p.

GTA V, contohnya. Saat memainkan game tersebut di pengaturan grafis ultra tanpa MSAA, Sapphire NITRO R7 370 4G mampu menghasilkan rata-rata framerate sebesar 44 fps. Ini sebuah angka yang hebat untuk kartu grafis kelas menengah. Meskipun demikian, Anda masih harus menurunkan kualitas grafisnya ke medium jika ingin mendapatkan framerate 60 fps.




Perorma yang cukup baik juga terlihat dari pengujian 3D Mark, Sapphire NITRO R7 370 4G berhasil memperoleh skor 4.401 poin pada pengujian 3D Mark Firestrike. Beberapa game lain yang kami gunakan untuk mengji kartu grafis ini juga menunjukkan bahwa Sapphire NITRO R7 370 4G memiliki performa yang sangat bagus untuk kartu grafis kelas menengah.

Selain itu, penggunaan VRAM sebesar 4GB juga membuatnya mampu mengatasi beban kerja yang cukup tinggi.



Kelebihan lain adalah suaranya yang senyap. Dua kipas yang tertanam di sistem pendinginnya juga mampu bekerja secara dinamis dan hanya akan berputar jika suhu berada di atas 60 derajat celcius.

Kemampuan tersebut tentunya dapat menghemat daya sekaligus membuat PC lebih senyap. Dengan harga di bawah Rp3 juta, kartu grafis ini sangat cocok bagi mereka yang memiliki dana terbatas.


(ABE)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /