Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil

   •    23 Agustus 2015 13:52 WIB
hamil
Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil
Makanan sehat wajib dikonsumsi ibu hamil (Foto:Getty Images)

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat hamil, Anda harus memastikan mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi dan bergizi agar janin dalam kandungan selalu sehat.

Anda tidak dianjurkan makan sembarangan karena akan meningkatkan risiko bayi lahir tidak sehat seperti yang diharapkan.

Ada lima makanan yang harus Anda hindari saat hamil. Apa saja?

1. Makanan tidak matang
Apabila Anda bukan vegetarian, pastikan semua makanan yang Anda santap matang sepenuhnya. Daging yang tidak matang berbahaya bagi kesehatan.

2. Keju
Keju yang tidak dipasteurisasi sebaiknya dihindari. Keju tersebut mengandung bakteri listeria yang berbahaya bagi janin serta ibu hamil. Ini juga berlaku pada jus yang tidak melalui proses pematangan yang tepat.

3. Sushi
Anda penggemar sushi? Apabila sedang hamil, ucapkan selamat tinggal kepada makanan favorit Anda tersebut. Sushi berpotensi mengandung bakteri dan parasit yang membahayakan. Jika Anda benar-benar menginginkannya, pastikan sushi yang Anda makan sudah digoreng atau direbus dengan baik. Jangan makan sushi mentah.

4. Salah bilas sayuran dan buah
Hati-hati saat mencuci makanan yang mudah rusak seperti sayuran dan buah-buahan. Usahakan Anda membilas dengan benar di bawah air yang mengalir untuk membersihkan semua kotoran atau bakteri tanpa tersisa.

5. Kafein
Banyak penelitian yang menyebutkan minum sedikit kafein tidak berbahaya bagi ibu hamil. Namun, sebaiknya hindari karena minum berlebihan karena membuat Anda berisiko keguguran. Hindari juga minuman keras seperti alkohol dan wine. (Sumarni/Times of India)


(ROS)

Video /