Kemenag Jatim: Butuh Rencana Matang Batasi Haji Sekali Seumur Hidup

Amaluddin    •    24 Agustus 2015 00:50 WIB
Kemenag Jatim: Butuh Rencana Matang Batasi Haji Sekali Seumur Hidup
Jemaah calon haji berangkat ke Tanah Suci, Ant - Abdul Aziz

Metrotvnews.com, Surabaya: Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama (Kemenag) Kantor Wilayah (Kanwil) Jawa Timur (Jatim), Muhammad Sakur, menilai rencana pemberlakuan pembatasan haji sekali seumur hidup oleh Kementerian Agama pada 2016 terlalu mendadak. Pasalnya, kata Sakur, rencana itu harus didukung dengan persiapan sarana dan prasarana yang memadai serta matang.

"Wacana itu memang akan diberlakukan pada 2016. Tapi perkara pemberlakuan harus benar-benar matang. Apalagi sarana dan prasarana harus memadai dan tidak bisa diterapkan secara frontal," ujar Sakur saat dihubungi di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (23/8/2015).

Sakur mencontohkan database jemaah haji di Kemenag Kanwil Jatim belum bisa menjadi tumpuan data untuk pemberlakuan pembatasan haji satu kali seumur hidup. Sebab, banyak prasarana lain yang belum memadai, seperti pencatatan sidik jari dan retina mata.

Misalnya, ungkap Sakur, calon haji yang menjalani pemeriksaan dokumen di keimigrasian ternyata identitasnya bermasalah. "Sebab yang bersangkutan punya KTP dan identitas lebih dari satu," kata Sakur.

Saku menungkapkan bahwa dalam hal pencatatan E-KTP sendiri masih belum tuntas. Ia pun mempertanyakan pencatatan calon haji yang sudah melakukan ibadah tersebut beberapa kali. 

"Maka itu rencana Kemenag tidak bisa frontal, harus secara bertahap. Banyak sarana dan prasarana yang kami butuhkan," tandasnya.

Wacana program haji sekali atau menunaikan ibadah haji cukup sekali ini telah diwacanakan oleh Lukman Hakim Saifuddin Menteri Agama (Menag) berlaku pada 2015. Namun, baru-baru ini muncul wacana program yang mementingkan keadilan bagi jamaah haji ini akan mulai berlaku pada musim haji 2016.
(RRN)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /