Tanah di Kebumen Bersengketa, Puluhan Mahasiswa Mengadu ke Gubernur Ganjar

Deo Dwi Fajar Hari    •    24 Agustus 2015 01:32 WIB
sengketa tanah
Tanah di Kebumen Bersengketa, Puluhan Mahasiswa Mengadu ke Gubernur Ganjar
Ilustrasi sengketa tanah, Ant

Metrotvnews.com, Puwokerto: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menemui sekelompok orang yang berunjuk rasa di depan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah, Minggu 23 Agustus. Perdebatan terjadi antara Ganjar dengan pengunjuk rasa.

Para pengunjuk rasa merupakan puluhan mahasiswa yang menentang sengketa tanah antara TNI dengan warga di Urut Sewu, Kebumen, Jawa Tengah. Mereka pun mengadukan sengketa tanah itu ke Gubernur yang tengah melakukan kegiatan di Unsoed.

Pengunjuk rasa meminta Gubernur menandatangani surat pernyataan yang berisi kecaman terhadap TNI atas sengketa tanah itu. Namun Gubernur menolak. Gubernur meminta pengunjuk rasa memberikan data terkait tanah yang menjadi sengketa.

"Agar saya bisa selesaikan secara substansial, yang saya minta data-datanya. Tidak hanya kekerasaannya," kata Gubernur.

Seorang peserta aksi menjawab permintaan Gubernur. "BPN (Badan Pertanahan Negara) Pak yang punya datanya. Kami cuma mahasiswa. Seharusnya pemerintah audah punya datanya," kata demonstran tersebut.

Ganjar geram. "Jelas saya punya. Tapi tadi kalian bilang punya datanya. Maksud saya, mari sandingkan datanya untuk cari solusinya," jawab Ganjar.

Jawaban Ganjar itu tak membuat aksi mereda. Situasi semakin panas sehingga Ganjar memilih meninggalkan pertemuan tersebut.

Kericuhan terjadi. Pengunjuk rasa berusaha mendekati Ganjar. Namun polisi menghadang. Hingga akhirnya polisi dapat meredakan dan membubarkan aksi.

Ganjar mengatakan ia telah memerintahkan Bupati Kebumen untuk menangani sengketa itu. Masalah di Urut Sewu, katanya, tak sulit diselesaikan. 

"Kedua belah pihak antara TNI dan warga bertemu dengan membawa data masing-masing dipertemukan, untuk nantinya diverifikasi bersama," kata Ganjar.

Bila tanah itu milik TNI, pemerintah harus segera meredistribusi tanah untuk warga. Bila untuk warga, maka TNI harus mencari lahan lain.


(RRN)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

5 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /