Pembongkaran Rumah di Bukit Duri Tunggu Rusun Rampung

Nelly Marlianti    •    24 Agustus 2015 16:22 WIB
penggusuran kampung pulo
Pembongkaran Rumah di Bukit Duri Tunggu Rusun Rampung
Ilustrasi--MI/Atet Dwi Pramadia

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Kota Jakarta Selatan akan membongkar permukiman warga di Bukit Duri, Tebet. Pembokaran dilakukan usai pembangunan rumah susun rampung.

"Kami memang harus mempersiapkan rumahnya dulu. Jadi kalau sudah siap, warga tinggal masuk saja," kata Wali Kota Jaksel Tri Kurniadi, Senin (24/8/2015).

Pembongkaran rumah warga untuk proyek normalisasi Ciliwung. Tri menaksir, rusun untuk warga Bukit Duri rampung tahun depan. Dia berharap, apabila rusun sudah jadi, warga kooperatif dan langsung pindah ke rusun.

Menurut Tri, pemkot kini terus berdialog dengan warga Bukit Duri. Di lain pihak, Dinas Perumahan coba menyiapkan rusun.

Tapi, jauh hari sebelum pembongkaran, pemkot sudah memastikan tak ada uang ganti rugi untuk warga. Musababnya, mereka menempati tanah negara secara ilegal, kecuali yang mengantongi sertifikat. "Saat ini kami masih melakukan dialog dengan warga. Agar mereka secara suka rela mau dipindahkan," terangnya.

Tri menjamin, pembongkaran rumah di Bukit Duri damai, tidak seperti di Kampung Pulo. "Enggaklah, jangan sampai ada bentrokan. Kami tentunya berupaya agar yang terjadi di Kampung Pulo tidak terjadi di Bukit Duri," tandasnya.

Setelah meratakan bangunan di Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menggusur rumah warga Bukit Duri, Jakarta Selatan. Sebagian Bukit Duri juga langganan banjir.
 
"Bukit Duri juga pindah. Kalau yang pas kena saluran kita eksekusi. Saya cuma minta 15 meter dari pinggir kali," kata Gubernur DKI Jakarta Basuki 'Ahok' Tjahja Purnama di Jalan Pluit Barat Raya, Jakarta Utara, Jumat (21/8/2015).
 
Lahan sepanjang 15 meter itu akan dipasang sheet piles yang berfungsi menahan tanah. Jika semua sudah beres, Ahok optimistis, Kampung Pulo dan sekitarnya bebas banjir.
 
Menurut Ahok, warga Bukit Duri yang tergusur akan direlokasi ke rusun, seperti warga lainnya. Dia memastikan, masih banyak slot rusun untuk menampung warga. "Banyak rusun kok. Pulo Gebang segala macam masih ada," ujarnya.


(YDH)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

22 hours Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /