Puluhan Pengusaha Taiwan Cari Mitra Dagang di Indonesia

Husen Miftahudin    •    24 Agustus 2015 16:26 WIB
investasi asing
Puluhan Pengusaha Taiwan Cari Mitra Dagang di Indonesia
Ilustrasi. AntaraM Agung Rajasa

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebanyak 80 pengusaha asal Taiwan akan mengadakan pameran perdagangan di Indonesia pada 30 Agustus hingga 2 September 2015 di Pullman Hotel Central Park dan diselenggarakan oleh Indonesia-Taiwan Business Council (ITBC). Puluhan pengusaha Taiwan akan menggempur Indonesia untuk mencari mitra dagang dan mengembangkan bisnisnya di Indonesia.

"ITBC ini dibentuk karena Taiwan punya banyak perusahaan di luar negeri, terutama di Tiongkok ada 172 ribu. Tahun 80-90an perusahaan mereka banyak ada di Indinesia, lalu karena di Tiongkok buruhnya lebih murah mereka pindah ke Tiongkok. Sekarang di Tiongkok buruh sudah mahal makanya coba pindah ke sini," kata CEO and Founder ITBC, Setyono Djuandi Darmono ditemui di Menara Batavia, Jakarta Pusat, Senin (24/8/2015).

Ia menambahkan, dalam acara tersebut nantinya akan dipamerkan berbagai produk industri Taiwan, mulai dari consumer goods, produk elektronik, telekomunikasi, makanan dan minuman, packaging, ritel, energi hijau, farmasi, automotif, olahraga dan rekreasi.

"Kita perlu mengajak orang lagi untuk berinvest di Indonesia. Ide saya untuk mengajak dan berjalan-jalan dulu, mereka punya banyak teman, potensial dan akhirnya bisa berinvestasi di Indonesia," papar dia.

Sementara itu, Direktur Divisi Ekonomi Taipei Economic and Trade Office (TETO), YC Tsai mengungkapkan Indonesia merupakan mitra dagang paling penting bagi Taiwan setelah India. Apalagi ekspor Indonesia ke Taiwan menurun sebanyak 25 persen. Hal inilah yang dilihat TETO untuk melakukan kerja sama perdagangan.

"Trade antara Taiwan-Indonesia itu tidak ballance, Indonesia menikmati USD3,5 miliar dari USD13 miliar. Ekspor Indonesia-Taiwan juga menurun 25 persen, sehingga perdagangannya tak sehat. Makanya kami sasar Indonesia untuk kerjasama perdagangan," pungkas Tsai.

Seperti diketahui, pada Januari 2014 investasi Taiwan di Indonesia mencapai USD114,7 juta. Taiwan menduduki posisi ke-8 dibandingkan perekonomian Asia lainnya dan masih di bawah Hong Kong dan Thailand. Periode Januari -Februari 2015, nilai kerjasama kedua negara tersebut mencapai USD2,58 miliar.


(SAW)

Siapa Lolos, Siapa Tersingkir di <i>Matchday</i> 5? Ini Hitung-hitunganya!
Liga Champions 2017--2018

Siapa Lolos, Siapa Tersingkir di Matchday 5? Ini Hitung-hitunganya!

2 hours Ago

Sebanyak 12 tim berpeluang mengikuti jejak empat tim yang sebelumnya sudah lebih dulu lolos ke …

BERITA LAINNYA
Video /