Kejagung Periksa Gatot Pujo di KPK Besok

Indriyani Astuti    •    24 Agustus 2015 17:02 WIB
kasus korupsi
Kejagung Periksa Gatot Pujo di KPK Besok
Tony Tribagus Spontana. Foto:Ilham Wibowo/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Jakarta: Kejaksaan Agung menjadwalkan pemeriksaan terhadap Gubernur nonaktif Sumatera Utara Gatot Pudjo Nugroho besok. Gatot diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan penyimpangan dana bantuan sosial Pemprov Sumut 2011-2013.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Tony Spontana mengatakan, pemeriksaan digelar di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Itu karena Gatot kini berstatus tahanan KPK. 

Sedianya, Gatot diperiksa Kejagung untuk pertamakali pada Kamis 13 Agustus. Namun rencana tersebut dibatalkan lantaran yang bersangkutan belum siap diperiksa.

“ Iya direncanakan besok,” ujarnya di Jakarta, Senin (24/8/2015).

Terkait permintaan pihak Gatot yang menginginkan KPK mensupervisi kasus Bansos Sumut, Tony menuturkan tak ada alasan Kejagung mempertimbangkan permohonan tersebut. Sebelumnya, Razman Arif Nasution yang kala itu menjadi tim pembela Gatot meminta KPK mensupervisi kasus Bansos Sumut karena lembaga antirasywah itu juga tengah menyidik kasus dugaan suap hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan yang menyeret Gatot. Kedua kasus itu bertalian. 

Hingga saat ini Kejagung belum menetapkan seorang pun terangka atas kasus ini. Padahal sudah puluhan saksi diperiksa untuk dimintai keterangan oleh jaksa penyidik tindak pidana khusus Kejagung.

Sebelumnya Tony sempat menyampaikan, setelah pemeriksaan tidak menutup kemungkinan akan ada penetapan tersangka. Pasalnya Kejagung sudah menetapkan calon tersangka setelah dilakukan ekspos oleh penyidik.

“ Apa nanti penetapan tersangka dilakukan sebelum atau sesudah pemeriksaan Gatot, kita lihat dulu,” ucapnya.

Kasus dugaan penyelewengan dana bantuan sosial dan Dana Bantuan Daerah (DBD) pemprov Sumut naik ke tahap penyidikan dengan diterbitkannya surat perintah penyidikan pada 23 Juli lalu. 



(KRI)


Nikola Kalinic Menolak Medali Piala Dunia 2018

Nikola Kalinic Menolak Medali Piala Dunia 2018

1 hour Ago

Kalinic tetap terdaftar dalam 23 skuat Kroasia dan berhak mendapat medali perak juara kedua. Na…

BERITA LAINNYA
Video /