Dialog Damai Korsel dan Korut Masih Alot

Willy Haryono    •    24 Agustus 2015 17:39 WIB
perang korea
Dialog Damai Korsel dan Korut Masih Alot
Negosiator Korsel (kiri) dan negosiator Korut (kanan) dalam dialog damai terkait ketegangan militer di desa Panmunjom, kota Paju, 22 Agustus 2015. (Foto: AFP / UNIFICATION MINISTRY)

Metrotvnews.com, Panmunjom: Dialog damai Korea Selatan dan Korea Utara terkait ketegangan militer masih alot. Belum ada titik temu sejak dialog dimulai Sabtu kemarin. 

Perundingan dilakukan di desa Panmunjom, kota perbatasan Paju yang berada di tengah-tengah Korsel dan Korut. 

"Resolusi apapun dari masalah yang digelar di meja perundingan membutuhkan keputusan berani dari para pemimpin," ucap Yang Moo-jin, seorang profesor dari Universitas Studi Korea Utara di Seoul.

Meski belum ada titik temu, Yang optimistis akan ada semacam hasil positif dari dialog damai. "Fakta bahwa dialog masih berlangsung hingga saat ini menunjukkan determinasi untuk menghasilkan sesuatu. Pertanyaannya adalah, apakah hasil yang akan diraih?" kata Yang, seperti dikutip AFP, Senin (24/8/2015).

Terlepas dari ketidakpastian saat ini, krisis militer tidak menimbulkan kepanikan di kalangan warga Korsel. Mereka dinilai sudah terbiasa dengan ancaman Korut yang selama ini tidak pernah terbukti. 

Namun, ribuan warga di desa perbatasan atau dekat unit militer dievakuasi ke bunker bawah tanah untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan. 

Akar masalah dari ketegangan terbaru saat ini dipicu insiden ranjau darat di area DMZ yang melukai dua prajurit Korsel. Korut membantah terlibat dalam kejadian tersebut. 



(WIL)


<i>Jersey</i> Prancis Masih Laris di Moskow

Jersey Prancis Masih Laris di Moskow

21 hours Ago

Perhelatan Piala Dunia 2018 Rusia telah usai, namun tidak membuat Kota Moskow sepi. Kawasan suv…

BERITA LAINNYA
Video /