Diduga Ilegal, Taksi Uber Tetap Lalu-lalang di Bandung

Roni Kurniawan    •    24 Agustus 2015 20:26 WIB
transportasi
Diduga Ilegal, Taksi Uber Tetap Lalu-lalang di Bandung
Sejumlah taksi di parkir di depan kampus ITB, Bandung, Jawa Barat, Senin (24/8). Foto: Antara/Agus Bebeng

Metrotvnews.com, Bandung: Perkumpulan sopir taksi yang tergabung dalam Paguyuban Pengemudi Taksi Kota Bandung (PPTKB) menyayangkan sikap pemerintah Kota Bandung yang membiarkan taksi Uber terus beroperasi meskipun belum mengantongi izin. Saat ini operasional taksi Uber sudah memasuki bulan kelima.

"Sudah lima bulan kita menahan diri. Tapi tidak ada tindak lanjut (dari pemerintah). Sementara kita merasakan dampaknya," kata Sekretaris PPTKB, Tedi Nugraha, ditemui saat menghadiri Seminar Fenomena Moda Transportasi Baru Kota Bandung di Era Digital, di Institut Teknologi Bandung, Jalan Ganesha, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (24/8/2015).

Keberadaan taksi Uber, kata Tedi, membuat pendapatan taksi konvensional tergerus hingga 50 persen setiap harinya. Masukan pemerintah agar taksi bekerja sama dengan pihak ketiga, seperti mal, rumah sakit, atau hotel, tak juga terlaksana.

"Harusnya pemerintah memberikan solusi bukan kita. Seharusnya kan pemerintah sudah bertindak dengan adanya gejolak seperti ini. Di Solo dan Surabaya saja pemerintahnya tegas," katanya.

PPTKB meminta Wali Kota Bandung Ridwan Kamil memaksimalkan moda transportasi yang sudah ada terlebih dahulu. Ia khawatir apabila pemerintah masih saja memperjuangkan legalitas taksi Uber, tidak menutup kemungkinan terjadi demo besar-besaran.

"Pemerintah harusnya mengkaji. Apakah (keberadaan taksi Uber) menabrak aturan atau tidak? Ini kan negara hukum, kok dibentur-benturkan terus. Saya bukan politisi, bukan akademisi," jelasnya.


(UWA)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /