Din Syamsuddin: Munas IX MUI Jawaban Kekacauan Dunia

Amaluddin    •    25 Agustus 2015 14:39 WIB
munas mui
Din Syamsuddin: Munas IX MUI Jawaban Kekacauan Dunia
Foto: Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Din Syamsuddin/MTVN_Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Din Syamsuddin mengatakan Musyawarah Nasional (Munas) IX MUI hendak memberikan jawaban atas kekacauan dunia. Ini sesuai dengan tema Munas IX MUI: Islam Wasathiyah untuk Indonesia dan Dunia yang Berkeadilan dan Berkeadaban.

"Dengan adanya Munas ini, MUI ingin memberikan jawaban terhadap kekacauan dunia. Sistem dunia sekarang ini bertumpu dengan liberalisme yang harus kita beri solusi terhadap kekacauan tersebut," kata Din Syamsuddin dalam pembukaan Munas IX MUI di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jawa Timur, Selasa (25/8/2015).

Bekas Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah itu mengatakan kembali kepada Tuhan Yang Maha Esa merupakan kunci jawaban terhadap kekacauan dunia. "Artinya, kita harus kembali kepada Tuhan dengan tidak meninggalkan etika, moral, dan tidak meninggalkan nilai-nilai keIslaman," ujarnya.

Menurut Din, Islam Wasathiyah adalah Islam jalur tengah yang saat ini hangat diperbincangkan di dunia international. Sebab nilai-nilai keIslaman telah menjadi dasar pembentukan Indonesia. Ia berharap Presiden Joko Widodo dan jajarannya dapat mengaktualisasikan nilai-nilai agama untuk negara.

"Pancasila ada, wasathaniyah (jalan tengah). Dengan wasathaniyah ini kami ingin menyambungkan ke dunia demi kesejahteraan bangsa dan negara. Sekarang tinggal bagaimana Presiden mengaktualisasi, bagaimana menerapkan wasathaniyah untuk negara. Harapan kami kepada pemerintah, tetap menjalankan amanat ini dengan sebaik-baiknya," pungkasnya.

 
(TTD)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

14 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /