JK: Pembangunan Transmisi Listrik Dapat Stimulus Aktivitas Ekonomi

Antara    •    25 Agustus 2015 16:22 WIB
listrik
JK: Pembangunan Transmisi Listrik Dapat Stimulus Aktivitas Ekonomi
Ilustrasi pembangkit listrik. ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan pentingnya pembangunan transmisi listrik 46.000 kilometer (km), selaras dengan pembangunan pembangkit listrik 35.000 megawatt (mw), untuk menstimulasi aktivitas perekonomian di daerah.

"Intinya menurut Bapak Jusuf Kalla, pembangunan transmisi ini sudah harus jalan," kata Juru Bicara Wapres, Husein Abdullah kepada pers seusai rapat tentang kelistrikan di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (25/8/2015).

Menurut Wapres, pembangunan transmisi bagi sebuah pembangkit listrik itu seperti pembangunan jalan untuk rumah. Karena itu, sebelum membangun rumah maka jalannya juga harus sudah terbangun pula. Bila pembangkit listrik sudah berjalan tetapi transmisinya juga masih belum memadai, maka dicemaskan pembangkit-pembangkit listrik yang sudah terbangun bisa menganggur.

Pembangunan transmisi tersebut juga diyakini dapat menstimulasikan ekonomi terutama bagi pengusaha-pengusaha daerah sehingga Wapres juga menginginkan dibuat semacam pelatihan sehingga pengusaha lokal bisa membantu pembangunan transmisi.

Apalagi, lanjutnya, Wapres juga menginginkan agar 100 persen komponen dalam pembangunan tersebut diupayakan berasal dari dalam negeri.

Ketua BKPM Franky Sibarani juga menginginkan adanya koordinasi yang baik dengan beragam instansi dalam upaya mewujudkan pembangunan transmisi tersebut. 

Sebelumnya, Pemerintah telah mempercepat proyek pembangunan listrik 35.000 mw dengan mulai membangun transmisi sepanjang 46.000 km.



(SAW)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

1 day Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /