Apa Bedanya Disneyland dengan Disney World?

Adi Waluyo    •    25 Agustus 2015 16:24 WIB
wisata
Apa Bedanya Disneyland dengan Disney World?
Disney World, Orlando, FL (Foto: huffingtonpost.com)

Metrotvnews.com: Visi dan kreativitas kartunis Amerika Walt Disney untuk mendirikan dinasti kartun, dimulai pada pertengahan abad ke-20. Kerajaan kartun Walt Disney mulai meraih puncaknya ketika mereka mulai membangun Disneyland, dunia fantasi pertama di Amerika, yang terletak di Anaheim, California.

Disney membuka taman tersebut pada 1955, dan segera meraih  sukses. Namun Ia tidak puas begitu saja, dan memutuskan untuk mengembangkan taman lain, yang jauh lebih besar dan jauh lebih ambisius, Disney World.

Perbedaan mendasar antara Disney World dan Disneyland tentunya adalah lokasi - Disneyland terletak di Anaheim, California, sementara Disney World terletak di Orlando, Florida. Perbedaan penting antara kedua taman tersebut bisa dilihat dari visi kreatif hingga operasionalnya sehari-hari.

Dua taman impian ini didasarkan pada ide yang sama: memberikan masyarakat umum tempat untuk melarikan diri dari kenyataan, tempat di mana imajinasi dapat tertuang seluas-luasnya. Dengan visi inilah Walt Disney memulai gagasan membangun Disneyland.

Setelah taman dibangun, ia menyadari masalah mendasar dalam desain taman ketika ia melihat seorang koboi berjalan dari wahana  the Wild West melintasi wahana futuristik Tomorrowland, yang terlihat kontras dengan kostumnya. Menurutnya, itu merusak keutuhan fantasi di Disneyland. Ia pun memutuskan membangun taman lain, untuk memecahkan masalah ini.

Salah satu perbedaan mendasar antara Disney World dan Disneyland adalah operasional hariannya. Disney World dirancang untuk menghindari masalah karakter-karakter yang berseliweran di wahana yang bukan tempatnya.

Dibangunlah serangkaian terowongan di bawah taman, yang memungkinkan pekerja untuk berpindah dari satu wahana ke wahana lain tanpa terlihat oleh para pengunjung.

Disney World dan Disneyland, keduanya adalah hasil buah pikir Walt Disney yang penuh kreativitas dan imajinasi, tapi Disney sendiri hanya bisa melihat Disneyland terwujud. Dia meninggal sebelum konstruksi Disney World dimulai.

Saudaranya, Roy, yang mengambil alih untuk membangun dunia fantasi yang spektakuler tersebut. Disney World jauh lebih besar dari Disneyland dan berisi lebih banyak wahana.

Magic Kingdom, Epcot Center, dan MGM Studios adalah bagian dari kompleks Disney World di Florida. Dan tak cuma taman bermain dan berpetualang, Disney World juga memiliki resort sebagai sarana penunjang. (wisegeek)


Disneyland, Anaheim, CA (Foto: delsolinn.com)


(AWP)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

10 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /