Dana untuk Daerah di RAPBN 2016 Naik Rp33 Triliun

Surya Perkasa    •    25 Agustus 2015 16:40 WIB
rapbn 2016
Dana untuk Daerah di RAPBN 2016 Naik Rp33 Triliun
Menkeu Bambang Brodjonegoro. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah berencana meningkatkan distribusi dana untuk daerah. Salah satunya adalah peningkatan dana transfer daerah dan dana desa hingga Rp33 triliun dalam bentuk dana alokasi khusus (DAK).

"Pengelolaan DAK merupakan bagian dari belanja negara dalam rangka mendanai desentralisasi fiskal," kata Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (25/8/2015).

Pemerintahan Jokowi-JK juga akan meningkatkan DAK di 2016 secara signifikan. Anggaran DAK 2015 yang hanya sebesar Rp58,8 triliun dinaikkan menjadi Rp91,8 triliun.

"Peningkatan anggaran hingga Rp33 triliun tersebut selain realokasi dana Dekonstrasi dan Tugas Pembantuan Kementerian/Lembaga ke DAK, juga sebagai komitmen pemerintah untuk lebih nata mendorong pembangunan yang lebih mandiri ke daerah," jelas dia.

Menteri Bambang mengatakan DAK ini dianggap sebagai penerimaan APBD dan harus dipertanggungjawabkan dalam pengelolaan keuangan daerah. Pemerintah daerah lebih berperan dalam membangun daerahnya. Sementara itu pemerintah pusat lebih ke koordinasi pemanfaatan dana tersebut agar sesuai pembangunan nasional.

Di samping itu, DAK juga lebih dipertajam menjadi sepuluh bidang. DAK juga tidak lagi disyaratkan harus memiliki dana pendamping dalam pelaksanaannya.


(AHL)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

6 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /