Waseso: Bareskrim Serius Telusuri Rekam Jejak Capim KPK

Budi Ernanto    •    25 Agustus 2015 16:51 WIB
capim kpk
 Waseso: Bareskrim Serius Telusuri Rekam Jejak Capim KPK
Lambang Bareskrim Polri. Antara Foto/Reno

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri Komjen Budi Waseso mengaku tidak mengetahui siapa saja calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dianggap tidak layak, namun tetap diproses oleh panitia seleksi.

Menurut Budi, dirinya juga tidak mengetahui apakah opini Indonesian Corruption Watch lahir dari hasil penelusuran rekam jejak oleh Bareskrim atau bukan. Data yang diberikan kepada pansel merupakan rekomendasi, selebihnya Bareskrim tidak berwenang menyatakan lolos atau tidaknya calon pimpinan ke tahap selanjutnya.

Karena itu, jika ternyata ada capim bermasalah lolos seleksi, Bareskrim akan meminta pertanggungjawaban pansel. “Saya akan tanya, rekomendasi Bareskrim dipakai atau tidak. Kami kan kerja benar, bukan main-main. Kerja kami juga resmi dan datanya autentik,” kata Budi di Jakarta, Selasa (25/8/2015).

Budi berharap pansel tidak menganggap hasil penelusuran Bareskrim hanya formalitas. Ia juga tidak menginginkan ada lagi opini kriminalisasi jika salah satu capim ada yang harus diproses secara hukum.

“Saya sudah bilang, jika nanti polisi mengusut, jangan seolah-olah itu kriminalisasi. Karenanya nanti ditanya ke pansel, apa pertimbangan capim yang bermasalah itu diloloskan,” ujarnya.

Seperti diketahui, ICW menyebut 10 dari 19 capim KPK bermasalah dari sisi administratif, kualitas, dan integritas. Koordinator Divisi Investigasi ICW Febri Hendri mengatakan tiga permasalahan itu sudah disampaikan ke pansel.

“Pada aspek integritas, ada empat orang yang diduga terkait dengan kelompok bisnis yang berpotensi konflik dengan pengusutan kasus di KPK. Ada juga dari sisi penyalahgunaan wewenang, masalah HAM, dan potensi korupsi. Kemudian di aspek kualitas, tiga orang minim kemampuan penyidikan. Dua orang dinilai tidak memiliki keberanian. Dua orang lainnya bermasalah di sisi administrasi dan seorang lainnya kendala di ijazah,” ujar Febri.


(TRK)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

10 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /