Begini Cara Oppo Menguji Produknya

Ellavie Ichlasa Amalia    •    25 Agustus 2015 19:02 WIB
oppo
Begini Cara Oppo Menguji Produknya
Martias, Assistant Manager Engineering Department.

Metrotvnews.com, Tangerang: Pada hari ini, Selasa (25/8/2015), Oppo mengajak sejumlah media ke pabrik mereka yang terletak di Tangerang, Banten. Di pabrik ini, mereka tidak hanya melakukan kegiatan produksi smartphone, tetapi juga pengecekan kualitas.

Untuk membuat pabrik ini, Oppo menghabiskan dana sebesar USD30 juta. Pabrik Oppo di Indonesia ini memiliki tiga bagian, yaitu gudang penyimpanan, tempat produksi dan laboratorium Quality Control. Dalam laboratorium ini, Oppo dapat melakukan pemeriksaan kualitas pada smartphone buatan mereka. Salah satunya adalah drop test, alias tes menjatuhkan smartphone.

Berbeda dengan drop test yang biasa Anda lihat pada YouTube, di mana sebuah smartphone dijatuhkan dari ketinggian yang berbeda, Oppo hanya akan menjatuhkan smartphone buatan mereka dari ketinggian 10 cm secara terus menerus. 

Selain itu, tes lain yang Oppo lakukan adalah tes port USB. Mesin mencolokkan kabel ke port USB smartphone dan menggesernya ke kiri dan ke kanan untuk memastikan bahwa bahkan setelah proses tes dilakukan, proses charging dan transfer data tetap dapat berjalan normal.

Tes lainnya yang Oppo lakukan adalah vibration test alias tes getaran. Dalam tes ini, yang diuji adalah smartphone yang telah berada dalam kemasan. Pengujian ini berfungsi untuk mengetes apakah ponsel yang telah dikemas akan tetap dapat berfungsi dengan baik bahkan setelah melalui proses pengiriman barang.

Smartphone Oppo juga akan diuji dengan tes suhu untuk menentukan apakah ia  akan rusak jika sang pengguna membawanya ke daerah dengan suhu yang relatif ekstrem. Oppo menjelaskan, pada Oppo akan menguji smartphone pada suhu minus 40 derajat hingga lebih dari 150 derajat.

Selain suhu, Oppo juga melakukan tes kelembapan untuk melihat apakah smartphone akan rusak jika berada di lingkungan yang lembap.

Semua pengujian ini Oppo lakukan secara terus-menerus setiap 2 minggu. Selain itu, setiap 3.000 unit yang dipesan oleh distributor, maka Oppo akan mengetes 5 smartphone.


(ABE)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

3 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /