Tinggal di Rusun, Warga Kampung Pulo Tidur Berdesakkan

Akmal Fauzi    •    25 Agustus 2015 18:42 WIB
penggusuran kampung pulo
Tinggal di Rusun, Warga Kampung Pulo Tidur Berdesakkan
Warga kampung Pulo menata barangnya di Rusun Jatinegara Barat. (Foto: MI/Angga Yuniar)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sejumlah warga Kampung Pulo, Jakarta Timur, yang direlokasi harus tidur berdesakan di rumah susun sewa Jatinegara Barat yang hanya memiliki luas 30 meter persegi. Banyak keluarga yang terdiri dari beberapa kepala keluarga (KK) harus tinggal di satu unit rusun.
 
Sarinah, 65, salah satunya. Penghuni rusun di lantai 14 tower A itu harus rela berbagi tempat dengan 10 orang anggota keluarga lainnya. Di unit rusun miliknya itu tercatat ada tiga KK.
 
"Emak tinggal sama tiga anak, mereka sudah nikah semua dan sudah punya anak. Cucu emak ada empat, jadi 11 orang nih sama emak tinggal numpuk di sini," kata Sarinah di Rusun Jatinegara Barat, Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (25/8/2015).
 
Dikatakan Sarinah, dua kamar yang ada di setiap unit tidak mampu menampung semua anak dan cucunya yang mulai beranjak dewasa. "Jadi terpaksa ada yang tidur di ruang tamu pakai karpet. Belum barang-barang yang nambah sempit," ujarnya
 
Sarinah mengaku, telah didata pengelola dan berjanji memindahkan ke rusun lainnya. Namun, rusun Cipinang Besar Selatan yang dijanjikan untuk anak-anaknya beserta keluarganya itu sangat jauh.
 
"Sudah diminta data, dimintai Kartu Keluarga sama KTP. Cuma jauh, anak-anak emak kan kerjanya di daerah sini semua, ada yang dagang juga," ujarnya
 
Kondisi serupa juga dialami, Minah, 38, penghuni rusun di lantai 4 tower B. Ia tinggal bersama orang tua, suami, anak, dan kakaknya. Ia berharap pemerintah segera merelokasi anggota keluarga lainnya ke rusun yang disiapkan.
 
"Saya ada tiga KK di sini. Orang tua, saya, suami dan anak, lalu keluarga kakak saya, ada delapan orang. Sekarang suami saya dan suami kakak saya numpang di rumah keluarga di Kemayoran. Saya harap ini secepatnya bisa diatasi dan jangan jauh-jauh juga," kata wanita yang biasa berjualan makanan ringan di Pasar Balimester, Jakarta Timur, itu.


(FZN)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

10 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /