Kanwil DJP Jabar Penjarakan WP Nakal

Iwan Gumilar    •    25 Agustus 2015 19:01 WIB
pajak
Kanwil DJP Jabar Penjarakan WP Nakal
Suasana persidangan terpidana SA di PN Bandung, Selasa (25/8/2015). (Metrotvnews.com/Iwan Gumilar)

Metrotvnews.com, Bandung: Pengadilan Negeri Bandung memvonis pengusaha bidang jasa transportasi dengan hukuman percobaan satu tahun denda Rp100 juta subsider dua bulan penjara. 

SA, direktur PT. MPA, dinyatakan secara sah dan meyakinkan melakukan pelanggaran dengan sengaja tidak menyampaikan SPT Tahunan, PPh WP Badan, dan SPT Masa PPN. Terpidana juga dinyatakan melakukan pemungutan PPN tetapi tidak menyetorkan PPN yang telah dipungut. Perbuatan tersebut bertentangan dengan pasal 39 ayat (1) huruf c dan huruf  i UU No 28/2007 tentang Perubahan Ketiga atas UU No 6/1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan. 

Atas vonis tersebut, Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Barat I, Adjat Djatnika, menyambut baik putusan hakim tersebut. “Sekali lagi ini membuktikan bahwa pasal-pasal yang kita kenakan ke Wajib Pajak tidak asal comot, tapi berdasarkan bukti yang kuat. Dua minggu lalu DS sudah divonis bersalah, sekarang SA. Ini sekaligus sebagai peringatan kepada Wajib Pajak lain agar tidak main-main dengan kami,” tegas Adjat, di Bandung, Selasa (25/8/2015).

SA diserahkan oleh Kanwil DJP Jabar I ke Kejaksaan Tinggi Jabar pada 11 Februari 2015. Penyerahan terdakwa saat itu merupakan buntut dari sikapnya yang tidak kooperatif menjalani proses pemeriksaan. Dalam proses selanjutnya, terdakwa kemudian membayar pokok pajak terutang sebesar Rp5,7 miliar. Pembayaran inilah yang menjadi dasar hakim untuk memutus vonis berupa hukuman percobaan.

Meski demikian, Adjat mengatakan kalau Ditjen Pajak bukan institusi yang memburu pajak dengan cara memenjarakan Wajib Pajak. Ditjen Pajak mengutamakan pendekatan persuasif agar Wajib Pajak mempunyai kesukarelaan yang tinggi membayar pajak.

Kanwil DJP Jabar I hingga saat ini telah mengumpulkan penerimaan pajak sebesar Rp12,2 triliun, atau 47,5 persen dari target 2015 sebesar Rp25,6 tirliun.


(SAN)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

6 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /