Pasar Sumber Terbakar, Pemkab Cirebon Akan Dirikan Pasar Darurat

Sobih AW Adnan    •    25 Agustus 2015 21:13 WIB
kebakaran pasar
Pasar Sumber Terbakar, Pemkab Cirebon Akan Dirikan Pasar Darurat
Pedagang Pasar Sumber, Cirebon, Jawa Barat, sedang melihat kiosnya yang terbakar, Rabu (11/3/2015)/MTVN_Sobih Abdul Wahid

Metrotvnews.com, Cirebon: Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi mengaku akan segera membangun pasar darurat untuk merelokasi para pedagang usai terbakarnya Pasar Sumber Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, pada Senin, 24 Agustus.

Pihaknya sedang berkoordinasi dengan beberapa pihak yang akan bekerja sama untuk membangun pasar darurat.

“Kita sedang meminta bantuan provinsi dan anggaran dana penanggulangan bencana dari pemkab. Mudah-mudahan bisa segera diwujudkan,” kata Sunjaya kepada Metrotvnews.com saat ditemui di kantornya, Selasa (25/8/2015).

Terkait berapa jumlah anggaran yang akan disiapkan, Sunjaya mengaku belum mendapatkan laporan secara lengkap mengenai hal tersebut.
 
“Kami baru melakukan pendataan. Nanti kita tunggu laporan lengkap dari Disperindag (Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Cirebon),” katanya.
 
Sementara itu, Kepala Disperindag Kabupaten Cirebon, Eri Ahmad Khusaeri, mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan pendataan terhadap para pedagang untuk memudahkan proses relokasi ke pasar darurat. Ia berharap proses tersebut bisa dilakukan dengan secepatnya.
 
 “Rencananya akan memanfaatkan lahan di sekitar Terminal Sumber, dekat (kantor) Dinas Perhubungan, mudah-mudahan bisa secepatnya terlaksana,” jelas Eri.
 
Menurut Eri, pemerintah akan membantu sekuat tenaga agar para pedagang bisa kembali menjalankan aktivitasnya, selain pasar darurat, pihaknya juga mengaku sedang mengusahakan pembangunan ulang pasar permanen.
 
“Karena sebelumnya kita juga sedang mengajukan anggaran ke Kemendag (Kementerian Perdagangan RI) untuk pembangunan pasar permanen senilai Rp35 miliar. Sementara untuk pasar darurat masih kita hitung untuk kita disegerakan pembangunannya,” kata Eri.

Kebakaran hebat telah menghanguskan sekitar 337 kios dan puluhan los di Pasar Sumber Cirebon, Jawa Barat. Kebakaran yang dimulai pada pukul 16.00 WIB tersebut terus menjalar karena kondisi angin yang cukup kencang.


(UWA)

Jadwal Pertandingan Babak 16 Besar Liga Champions 2017--2018
Undian Babak 16 Besar Liga Champions 2017--2018

Jadwal Pertandingan Babak 16 Besar Liga Champions 2017--2018

55 minutes Ago

Laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions akan digelar pada 13-14 dan 20-21 Februari 2018.…

BERITA LAINNYA
Video /