Apa Kelebihan LTE Advanced Smartfren Dibanding Operator Lain?

Insaf Albert Tarigan    •    26 Agustus 2015 00:48 WIB
smartfren telecom
Apa Kelebihan LTE Advanced Smartfren Dibanding Operator Lain?
Suasana peluncuran layanan 4G LTE Smartfren di Jakarta, Rabu (19/8/2015).

Metrotvnews.com, Semarang: Smartfren meluncurkan apa yang mereka sebut sebagai LTE-Advanced di Jakarta pada 19 Agustus lalu. Apa sih kelebihan layanan ini dibanding yang lain?

Munir Syahda Prabowo, Head of Network Special Project Smartfren mengatakan, istilah LTE-Advanced mengacu pada penggabungan beberapa bandwidth LTE sekaligus. Smartfren menjadi satu-satunya operator di Indonesia yang melakukannya karena mereka mendapat jatah 4G LTE di dua frekuensi sekaligus, yaitu 850Mhz dan 2300Mhz.

Keuntungannya, layanan 4G Smartfren menjadi lebih cepat dan juga jangkauannya lebih luas dibanding para pesaingnya. Untuk wilayah perkotaan, seperti di Semarang, Yogyakarta dan Solo, mereka memperbanyak koneksi Time Division Duplex (TDD) di frekuensi 2300Mhz, sedangkan di daerah pedesaan, mereka lebih banyak memakai Frewuency Division Duplex (FDD) pada pita 850Mhz.

Menurut Munir, setidaknya terdapat 3 ciri khas LTE-Advanced yang mereka miliki. Pertama, teknologi Carrier Aggregation. Hal ini memungkinkan Smartfren untuk menggabungkan TDD dan FDD sekaligus secara seamless, sehingga kecepatan koneksi internet di perangkat Anda bisa meningkat tajam.

"Secara teoritis, kecepatan koneksi di FDD itu antara 2-20Mbps untuk download, sedangkan TDD 2-100Mbps," katanya di Semarang, Selasa (25/8/2015). "Kita agregasi, sehingga TDD dan FDD akan mix. Pelanggan enggak pernah tahu dia dapat TDD atau FDD, yang pasti yang terbaik."

Munir menambahkan, Smartfren juga memiliki teknologi VoLTE (Voice over LTE). "Kualitas voice-nya sudah HD," katanya.

Ketiga, kata dia, Smartfren memiliki multi input dan multi output. Singkatnya begini, Smartfren mengatur sedemikian rupa sehingga perangkat Andromax mereka selalu otomatis terhubung ke jaringan dengan koneksi terbaik.

Sementara itu, Direktur Smartfren Roberto Saputra menambahkan, Smartfren unggul karena menawarkan layanan end to end dan menghadirkan teknologi terkini. "Itu satu-satunya cara kita untuk bertahan. Makanya kita launch langsung di 22 kota,".

Sebagai informasi, jaringan 4G LTE Smartfren kini tersedia di 42 kabupaten/kota di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Antara lain, Semarang, Yogyakarta, Solo, Magelang, Salatiga dan lain-lain.


(ABE)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

4 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /