Satu RW di Bidara Cina Menolak Digusur

Ilham wibowo    •    26 Agustus 2015 12:27 WIB
penggusuran
Satu RW di Bidara Cina Menolak Digusur
Penggusuran di Kmapung Pulo. Antara Foto

Metrotvnews.com, Jakarta: RW 4, 5, dan 14 di Kelurahan Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, masuk dalam daftar wilayah yang akan digusur untuk pembangunan sodetan Kali Ciliwung menuju Kanal Banjir Timur.
Ada kekhawatiran akan terjadi kericuhan karena hingga saat ini warga RW 4 menolak digusur.

Sekretaris Kelurahan Bidara Cina Sri Mulyati mengatakan warga di RW 4 tidak mau lahan mereka diukur untuk menentukan peta bidang. "Hanya RW 4 saja yang belum dilakukan pengukuran, karena warga menolak keras," kata Sri kepada Metrotvnews.com di kantornya, Rabu (26/8/2015).
 
Penggusuran permukiman warga di tiga RW tersebut berdasarkan surat Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta No. 80 Tahun 2014 tentang Penetapan Lokasi Pembangunan Sodetan Kali Ciliwung menuju Kanal Banjir Timur di Kelurahan Bidara Cina, Kelurahan Cipinang Cempedak, dan Kelurahan Cipinang Besar Selatan, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.

Sri menjelaskan, lahan di tiga RW tersebut yang akan digunakan untuk proyek sodetan Kali Ciliwung seluas 3.964 meter persegi. Untuk Kelurahan Bidara Cina tercatat ada 96 peta bidang yang akan terkena dampak langsung pembangunan.

"Di RW 14 dan RW 5 masing-masing ada 48 peta bidang. RW 14 sebagian menempati lahan hak pakai No. 227/Bidara Cina atas nama Pemda DKI dengan luas total 34.935 meter persegi, sedangkan RW 5 sebagian menempati lahan hak milik No. 76/Bidara Cina atas nama PT Asuransi Jiwa Sraya dengan luas total 25.092 meter persegi," ujarnya.

Sri mengatakan pihaknya tak bisa berbuat banyak atas penolakan warga RW 4. Pembangunan sodetan Kali Ciliwung yang ditargetkan selesai tahun ini diperkirakan tak akan berjalan mudah. "Sampai sekarang dari pihak kelurahan belum bisa masuk ke wilayah RW 4 untuk melakukan pemetaan bidang," kata Sri.


(TRK)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

1 day Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /