ConocoPhilips Tolak Subsidi Berupa Uang untuk Sektor Hulu

Annisa ayu artanti    •    26 Agustus 2015 12:38 WIB
gas
ConocoPhilips Tolak Subsidi Berupa Uang untuk Sektor Hulu
Vice President Commercial & Business Development ConocoPhilips Indonesia Taufik Ahmad (paling kiri), saat konferensi pers bersama Menteri ESDM Sudirman Said (kedua dari kiri), Chairman & CEO ConocoPhilips Ryan Lance (tengah), President & General Manager C

Metrotvnews.com, Jakarta: Vice Commercial ConocoPhillips Indonesia Taufik Ahmad, menyatakan perusahaan industri sektor hulunya tidak perlu diberikan subsidi seperti yang diusulkan Wakil Ketua Kamar Dagang (Kadin) Indonesia Benny Soetrisno. Pemberian subsidi tersebut terkait dengan keharusan pemerintah memberikan subsidi di sektor hulu migas.

Taufik menjelaskan, kendala yang dihadapi saat ini adalah industri hulu memerlukan proses birokrasi ke pemerintahan yang baik. Dia pun meminta pemasalahan izin dan birokrasi dibenahi.

"Kami tidak perlu disubsidi dalam bentuk uang, izin 314 hanya tinggal 20 atau 30 di sektor hulu. Bukan sok kaya tidak butuh uang, tapi kalau ada lebih baik diperhatikan pemerintah dari aspek regulasi dan hukum," kata Taufik dalam Indonesia Gas Forum di Hotel Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta, Rabu (26/8/2015).

Menurutnya, dengan adanya pemangkasan izin dan pembenahan birokrasi tersebut, maka produksi gas akan lebih cepat dilakukan dengan biaya yang lebih murah. "Produksi bisa lebih pendek biayanya, sehingga menjadi lebih murah," ucap dia.

Selain itu, dirinya tidak mempermasalahkan jika sektor hulu diberikan formula harga karena tidak ada preferensi khusus terkait hal ini.

Sebelumnya Benny mengatakan, pemerintah diminta untuk menyubsidi sektor hulu. Dengan diberlakukannya subsidi di sektor hulu, diharapkan bisa berdampak pada sektor hilir yakni murahnya harga gas.

"Gas itu butuh infrastruktur disitulah makanya jadi mahal. Di sini peran pemerintah, mana yang mau disubsidi, hilir atau hulu. Kalau subsidi hulu menikmati bisa lebih lebar yang hilir. Kalau pengawasan di hulu lebih sulit karena lebih besar kontrolnya dibandingkan hilir," ujar Benny.


(AHL)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

4 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /