Gubernur Aher Libatkan Polisi dan Jaksa Pantau Proyek

Sonny Budhi Ramdhani    •    26 Agustus 2015 13:23 WIB
anggaran
Gubernur Aher Libatkan Polisi dan Jaksa Pantau Proyek
Foto: Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (tengah)/Ant_Muhammad Adimaja

Metrotvnews.com, Bandung: Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengaku sudah menyiapkan formula baru guna penyerapan anggaran agar maksimal. Formula itu dengan melibatkan kejaksaan dan Polri sejak dimulainya penyerapan anggaran.

"Kita akan melibatkan mereka sebagai tim asistensi semua kegiatan atau proyek yang dilakukan Pemprov Jabar," kata Ahmad Heryawan, di Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (26/8/2015).

Aher, demikian ia kerap disapa, mengatakan rendahnya penyerapan anggaran diduga lantaran penyelenggara proyek takut salah langkah.

"Mereka para penyelenggara proyek banyak yang ketakutan salah dalam proses. Begitu juga dengan pengusahanya atau pihak ketiga. Apabila mengerjakan takut salah yang ujungnya berhubungan dengan penegak hukum. Sehingga banyak proyek yang tidak jadi dilakukan dan penyerapan anggaran terhenti," ujarnya.

Aher mengatakan, ada tiga keuntungan dalam implementasi pelibatan tim asistensi dari penegak hukum, yakni para penyelenggara tidak akan ketakutan dalam menjalankan kegiatan penyerapan anggaran. "Jelas ketakutan mereka akan hilang. Karena jaksa atau polisi dilibatkan sejak awal atau sejak proses tender," katanya.

Aher mengatakan, keuntungan lainnya yaitu, memperkecil praktek kolusi, korupsi, dan nepotisme karena sangat ketat diawasi oleh lembaga penegak hukum dari awal kegiatan. Dan yang terakhir, penyerapan anggaran akan maksimal.

"Praktek melibatkan kejaksaan dan polisi ini pernah kita lakukan saat membuat Bendungan Jatigede. Hasilnya, sangat memuaskan dan tidak berujung hukum," katanya.

Disinggung mengenai kapan akan dilibatkannya tim asistensi penegak hukum dalam proyek, Aher menjawab, secepatnya. "Dalam waktu dekat kamni akan berkoordinasi dengan polisi dan jaksa. Kalau keburu mulai perubahan anggaran tahun ini, kalau tidak ya tahun depan," pungkasnya.


(TTD)

Jadwal Pertandingan Babak 16 Besar Liga Champions 2017--2018
Undian Babak 16 Besar Liga Champions 2017--2018

Jadwal Pertandingan Babak 16 Besar Liga Champions 2017--2018

1 hour Ago

Laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions akan digelar pada 13-14 dan 20-21 Februari 2018.…

BERITA LAINNYA
Video /