Menko Darmin: Pilkada Serentak Bisa Genjot Pertumbuhan Ekonomi

Desi Angriani    •    26 Agustus 2015 14:46 WIB
ekonomi indonesia
Menko Darmin: Pilkada Serentak Bisa Genjot Pertumbuhan Ekonomi
pilkada serentak. ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menuturkan pertumbuhan ekonomi pada tahun ini bisa mencapai lima persen. Pertumbuhan ini akan dicapai dengan pengeluaran belanja modal di kuartal III dan IV serta pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak

“Biasanya pertumbuhan ekonomi di kuartal I, II, III, dan IV  tidak jauh bedanya. Namun dikuartal III dan IV bisa melonjak, apalagi ada pilkada,” kata Darmin, saat ditemui di Istana Negara, Jakarta, Rabu (26/8/2015).

Namun demikian, dia belum menjelaskan sejauh apa dampaknya. Dia mengakui, ajang pilkada ini bisa memberikan kontribusi sebesar 0,2-0,15 persen bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Selain itu, kemungkinan pilkada serentak untuk berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi juga cukup besar.  

“Menurut saya bisa sampai sampai 0,2 atau 0,3 persen, saya prediksi totalnya bisa sampai lima persen di akhir tahun,” kata dia.

Sebelumnya, Deputi bidang Pengendalian Penanaman Modal Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Azhar Lubis mengatakan, pilkada serentak yang akan dijalankan Desember tahun ini sama sekali tidak akan mengganggu kinerja investasi di Indonesia.

Dia menuturkan selama proses demokrasi bisa berjalan lancar dan damai tidak akan menghambat kinerja investasi apalagi mengganggu iklim investasi.

"Asalkan pelaksaan damai, itu akan oke-oke saja, tidak akan ganggu. Diharapkan kualitas pemimpin itu bisa ramah dengan dunia usaha," sebut Azhar.

Saat ini, investor banyak menanyakan pembangunan sejumlah proyek dan tidak menanyakan masalah pilkada serentak tersebut. Hal itu dikarenakan, proyek infrastruktur sangatlah memberikan keuntungan banyak pihak.



(SAW)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

10 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /