Bulog: Operasi Pasar Beras Tunggu Keputusan Kemendag

Gervin Nathaniel Purba    •    26 Agustus 2015 18:36 WIB
bulog
Bulog: Operasi Pasar Beras Tunggu Keputusan Kemendag
Bulog. ANT/Aloysius Jarot Nugroho

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Urusan Logistik (Bulog) mengungkapkan upaya untuk melakukan operasi pasar (OP) dalam menstabilkan harga beras harus mendapat persetujuan dari Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Sebelumnya anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Manado mendesak Pemerintah Daerah dan Bulog melakukan OP untuk menormalkan harga beras yang naik sejak pekan lalu. Namun Bulog mengatakan OP merupakan kewenangan dari Kemendag.

"Tanggapan saya melakukan OP itu merupakan kewenangan dari Menteri Perdagangan (Mendag). Dia yang punya wewenangnya," ujar Ketua Bulog Djarot Kusumayakti saat ditemui di Kantor Kementan, Jakarta Selatan, Rabu (26/8/2015).

Menurutnya posisi Bulog hanya melaksanakan perintah menteri karena dalam melaksanakan OP itu ada unsur subsidi. Selain itu Kemendag yang nantinya melaporkan kepada Bulog berapa beras yang akan dijual.

"Yang punya kewenangan Kemendag. Karena dia yang melaporkan berapa beras yang akan dijual. Kemudian berapa beras yang akan disubsidi dan berapa yang harus dibayar," ungkap Djarot.

Djarot menambahkan sebelum melakukan OP, Bulog akan menyampaikan dulu kondisi di lapangan kepada Kemendag. Baru Kemendag yang akan memberikan keputusan.

Sekadar info, harga beras jenis medium di Manado masih berada di kisaran Rp570 ribu-Rp580 ribu untuk kemasan 60 kilogram (kg). Sekarang naik sampai Rp640 ribu per 60 kg atau sekitar 11 persen.


(SAW)


Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid
Lionel Messi

Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid

1 week Ago

Kapten timnas Argentina itu tak memedulikan berapa pun hasil yang diraih Madrid dalam menghadap…

BERITA LAINNYA
Video /