Lobi Proyek Kereta Cepat, Jepang Beri Tawaran Baru ke Jokowi

Desi Angriani    •    26 Agustus 2015 19:31 WIB
kereta supercepat
Lobi Proyek Kereta Cepat, Jepang Beri Tawaran Baru ke Jokowi
Presiden Joko Widodo (kanan) menerima kunjungan Utusan Khusus Perdana Menteri Jepang Hiroto Izumi (kiri) di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (10/7),--Foto: Antara/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Jepang amat serius untuk memenangkan proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung. Agar menang dari pesaingnya, Tiongkok, Jepang langsung melobi Presiden Joko Widodo.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe secara khusus mengutus penasihatnya, Hiroto Izumi, untuk membawa tawaran baru. Yaitu menawarkan keringanan terkait dana pendamping pemerintah di proyek kereta cepat.

"Yang tadinya harus seluruhnya, sekarang tidak harus seluruhnya," ujar Menko Perekonomian Darmin Nasution di Kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Rabu (26/8/2015).

Menurut Darmin, keringanan soal dana pendamping merupakan poin tambahan yang belum ada di proposal lama. Namun, pemerintah tak akan memberi perpanjangan waktu penilaian terhadap negeri Sakura itu.

"Kalau ada tawaran yang baru begini, kita harus pikirkan. Nanti China juga bakal begitu. Padahal, seharusnya kita sudah mau tutup proses penilaian ini dalam satu-dua hari," ungkap mantan Gubernur BI ini.

Darmin menegaskan, penilaian dari tim konsultan independen bukanlah keputusan akhir bagi pemerintah untuk memutus siapa pemenang proyek. Sebab, konsultan hanya ditugaskan mempresentasikan hasil kajian mereka di hadapan menteri terkait.

"Dari sana kita buat kesimpulan dan akan disampaikan ke Presiden. Misalnya ada catatan dari konsultan, silakan Presiden yang memikirkan," kata pria yang juga mantan Dirjen Pajak ini.

Jepang beberapa waktu lalu telah menyerahkan proposal dan hasil studi kelayakan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung ke Presiden Jokowi. Begitu pula dengan Tiongkok. Ketua Badan Pembangunan Nasional Tiongkok Xu Shaoshi datang menemui Presiden Jokowi di Istana Merdeka. Tiongkok berusaha meyakinkan Presiden Jokowi dengan menjamin proyek yang mereka tawarkan paling aman dan menguntungkan.


(MBM)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

10 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /