Menanti Formasi 4-3-3 Ancelotti di Madrid

- 19 Juni 2013 21:48 wib
REUTERS/Charles Platiau/ip
REUTERS/Charles Platiau/ip

Metrotvnews.com, Madrid: Berita Carlo Ancelotti melatih Real Madrid masih sebatas rumor. Namun pertanyaan-pertanyaan seputar apa yang akan ia lakukan bersama Madrid nanti telah menjadi perbincangan. Salah satunya, formasi apa yang akan ia terapkan di Los Blancos nanti.

Selama ini, Ancelotti dikenal sebagai pelatih yang senang menggunakan formasi 4-3-3. Dan formasi tersebut diyakini akan ia terapkan juga jika benar-benar melatih di Santiago Bernabeu.

Formasi 4-3-3 sendiri memang seperti menjadi formasi andalan Don Carletto--julukan Ancelotti. Dengan formasi tersebut, ia berhasil meraih sejumlah kesuksesan bersama -klub-klub yang ditukanginya.

Andai ada keharusan untuk merubah skema formasi, hal itu ia lakukan karena masalah cedera atau hukuman larang tampil para pemainnya. Selain itu, formasi bisa ia rubah karena ia merasa bahwa pemain tertentu dapat menawarkan lebih banyak di posisi lain.

Dengan formasi tersebut Ancelotti sukses memenangkan Liga Champions bersama AC Milan pada dua kesempatan. Serta gelar liga di Italia, Inggris, dan Prancis.

Pada musim 2002-03, Ancelotti membawa Milan meraih trofi Liga Champions keenam mereka saat mengalahkan Juventus di final yang digelar di Old Trafford. Saat itu line-up rossonerri dalam skema Ancelotti adalah, trio gelandang tengah disii Clarence Seedorf, Andrea Pirlo dan Gennaro Gattuso. Serta trio penyerang yang diisi Rui Costa, Filippo Inzaghi dan Andrey Shevchenko. Dengan formasi tersebut, Ancelotti sukses membawa Milan meraih scudetto musim berikutnya.

Sementara saat bersama Chelsea, Ancelotti menempatkan Frank Malouda, Michell Ballack, dan Frank Lampard sebagai trio di sektor gelandang. Dan trio Nicholas Anelka, Didier Drogba, dan Salomon Kalou di barisan penyerang.

Hasilnya, di bawah kepemimpinannya, The Blues sukses meraih double winner, Liga Primer Inggris dan Piala FA di musim 2009/2010.

Musim lalu, pelatih 54 tahun itu juga menerapkan hal yang sama di Paris Saint Germain. Menempatkan L. Moura, Verrati, dan Matuidi di lini tengah, serta Ezequiel Lavezzi, Zlatan Ibrahimovic, dan Javier Patore di lini depan, Ancelotti sukses mempersembahkan gelar Liga Prancis untuk PSG di musim 2012/2013 yang merupakan musim pertamanya.  

Atas catatan-catatan tersebutlah kemudian Ancelotti diprediksi akan memakai formasi yang sama jika benar-benar resmi melatih Madrid. Kemudian yang jadi pertanyaan, siapa saja pemain El Real yang akan menempati formasi 4-3-3 Ancelotti nanti.

Seperit dilansir Marca, dengan barisan gelandang Madrid yang banyak dan komplit, Ancelotti bisa menempatkan Sami Khedira seperti Gattuso, Xabi Alonso seperti Pirlo dan Luca Modric seperti Seedorf di barisan tengah.

Ketiga gelandang tersebut yang piawai dalam menontrol serta mempertahankan bola, akan bisa memberikan keseimbangan tim, terutama antara sektor pertahanan dan serangan.

Sementara di lini depan, nama Cristiano Ronaldo dipastikan akan menempati satu posisi penyerang. Dan dua penyerang lainnya menjadi milik Karim Benzema dan Mezut Ozil atau Gareth Bale jika jadi didatangkan nanti.

Menarik menunggu formasi yang akan diterapkan Ancelotti nanti untuk CR7 dkk. Namun semuanya masih harus melewati proses kepindahan Don Carletto dulu.(PJ)

()

SPANYOL
ITALIA
JERMAN
CHAMPIONS

Mata Najwa: Menuju Ke-7 (7)

30 Juli 2014 21:54 wib

Mata Najwa, Rabu (30/07/2014), di Mata Najwa kali ini dengan tema 'Menuju Ke-7', yang menayangkan kembali sejumlah episode di Mata Najwa tentang warna warni jalannya demokrasi saat pemilihan presiden dan juga perjalanan politik Joko Widodo sejak saat ia masih menjabat sebagai walikota Solo hingga kemudian hasil hitung cepat menunjukkan Jokowi sebagai presiden terpilih.