Dituding Melanggar HAM, Ahok: Saya Juga Pernah Dilaporkan ke PBB

M Rodhi Aulia    •    27 Agustus 2015 06:37 WIB
penggusuran kampung pulo
Dituding Melanggar HAM, Ahok: Saya Juga Pernah Dilaporkan ke PBB
Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama

Metrotvnews.com, Jakarta: Dituding melakukan pelanggaran Hak Asasi Manusia karena menggusur warga Kampung Pulo, Jakarta Timur, bukan hal yang baru bagi Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Pria yang akrab disapa Ahok itu pun pernah dilaporkan hingga ke tingkat Perserikatan Bangsa-bangsa.

"Kalau soal pelanggaran HAM, saya (juga) pernah dilaporkan ke PBB kok, waktu (penggusuran ke Marunda, Jakarta Utara). Sudah pernah dilaporkan ke PBB, saya datang. Ibu-ibu dari Brasil dari bagian HAM-nya PBB. Saya datang. Saya jelaskan sama dia, melanggar HAM di mana? Masih ada video Youtube-nya kok," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (26/8/2015) malam.

Ahok mengaku menjelaskan secara detil tentang apa yang sebenarnya terjadi di lapangan dengan sejumlah bukti pendukung lainnya. Dia menyampaikan lugas argumennya dan bagian HAM PBB, kata Ahok, hanya bisa terdiam seribu bahasa.

"Saat masih jadi Wagub. Saya kasih percontohan sama dia. Kalau ada orang bangun rumah di atas tanahnya, pakai duitnya sendiri, terus ternyata bangunannya tidak ada izin, dibongkar oleh pemerintah, itu dapat ganti rugi enggak? Dia (Petugas HAM PBB) diam saja," terang Ahok.

Kemudian Ahok menambahkan ilustrasi lain. Seseorang yang membangun rumah bukan di atas tanah miliknya sendiri, dan pemilik tanahnya keberatan dengan menghancurkan rumah itu. Kata Ahok, seseorang itu sejatinya tidak berhak marah, walau bangunan milik orang itu, tapi tanahnya bukan.

Ahok menegaskan, pelanggaran HAM itu adalah ketika seseorang mendirikan bangunan sesuai izin yang ada, didirikan di atas tanah yang bersangkutan dan kemudian tiba-tiba dihancurkan oleh pemerintah. Sementara konteks penggusuran yang ia lakukan, jauh berbeda dengan itu.

"Makanya sekarang, saya tanya? Rumah kalau enggak ada IMB dibongkar pemerintah, ganti rugi enggak pemerintah? Enggak. Sudah enggak ada izin mendirikan bangunan, di tanah pemerintah lagi. Masak ganti rugi? Ini sudah baik hati kita siapkan rusun," terang Ahok.

Siang kemarin, Lembaga Bantuan Hukum Jakarta menuding Ahok telah melakukan pelanggaran HAM. Ahok dianggap berlebihan karena menurunkan aparat dengan jumlah dan persenjataan yang tidak sewajarnya. Terlebih penggusuran itu dilakukan secara represif yang akhirnya menimbulkan korban luka-luka, baik dari kalangan aparat sendiri maupun kalangan warga.


(REN)

Joao Cancelo Resmi Menjadi Milik Inter Milan
Inter Milan 2017--2018

Joao Cancelo Resmi Menjadi Milik Inter Milan

4 hours Ago

Inter Milan secara resmi mengonfirmasi perekrutan Joao Cancelo dengan status pinjaman dari Vale…

BERITA LAINNYA
Video /