Ahok Jamin Warga Bisa Tinggal di Rusun Hingga Tujuh Turunan

M Rodhi Aulia    •    27 Agustus 2015 12:37 WIB
sodetan kali ciliwung
Ahok Jamin Warga Bisa Tinggal di Rusun Hingga Tujuh Turunan
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.--Foto:MI/ Ramdani

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan warga yang direlokasi ke rusunawa bisa ditempati selamanya. Warga tak perlu khawatir sewaktu-waktu bakal diusir. Sebab, pihaknya menyertakan surat kontrak untuk penempatan rusun tersebut.

Basuki yang akrab disapa Ahok itu menjelaskan, penghuni rusun wajib membayar iuran. Seperti di Rusunawa Jatinegara Barat yang dikenakan biaya per bulan Rp300 ribu di luar biaya air dan listrik. Kata Ahok, biaya sebesar itu terhitung murah untuk sekelas Ibu Kota.

"Cuma bayar pemeliharaan Rp10 ribu sehari. Saya subsidi seumur hidup, tujuh turunan kamu. Di situ ada surat kontrak disebutin lho. Selama Anda masih tinggal dan bayar uang perawatan. Itu apa enggak lebih dari cukup?" kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (27/8/2015).

Menurut Ahok, sejatinya masyarakat yang direlokasi ke rusun harus bersyukur. Ahok mengklaim, baru di era kepemimpinannya, konsep penggusuran tidak dilakukan secara sembarangan karena dipastikan ada tempat tinggal alternatif di rusun.

"Kalau kita (warga) masih enggak terima kasih, bandingin dengan yang dulu. Ada enggak gubernur urusin seperti ini? Jujur saja. Anda bilang belum sosialisasi? Kalau belum, mereka pakai minta-minta mau ganti duit nggak?" tukas Ahok.

Ahok tidak bisa memenuhi keinginan warga dengan membuat rumah derek dua lantai dan lokasinya berdekatan dengan tempat asal. Padahal kata Ahok, pihaknya sudah memberikan Kartu Jakarta Pintar sebagai pengganti agar transportasi gratis dan modal usaha bagi warga terdampak.

"Kalau maunya 2 lantai, pindah ke Bogor atau Belitung. Anda nuntut maunya di Jakarta. Jakarta juga maunya dekat-dekat tempat yang lama, waduh. Dudukin Monas saja (sekalian)," kata Ahok.


(MBM)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

16 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /