Akhir Tahun, Sumsel Luncurkan Samsat Online

Intan fauzi    •    27 Agustus 2015 13:56 WIB
pajak kendaraan
Akhir Tahun, Sumsel Luncurkan Samsat Online
Kepala Dinas Pendapatan Daerah Sumatera Selatan Muslim. (Foto: MTVN/Intan Fauzi)

Metrotvnews.com, Palembang: Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Sumatera Selatan (Sumsel) akan meluncurkan pelayanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) online akhir tahun ini. Hal itu untuk memudahkan pembayaran pajak guna memaksimalkan realisasi penerimaan pajak kendaraan bermotor.
 
"Kita akan membangun integrasi Samsat secara online dan bayar pajak tahunan nanti cukup melalui ATM. Akhir tahun akan kita launching, mudah-mudahan sukses," kata Kepala Dispenda Sumsel Muslim di kantornya, Jalan POM IX, Palembang, Sumsel, Kamis (27/8/2015).
 
Sistem tersebut dibuat karena banyak warga mengeluhkan rumitnya proses membayar pajak. Hal itu menjadi salah satu penyebab banyaknya tunggakan pajak.
 
"Dari survey, masukan, dan beberapa wawancara, tunggakan pajak terjadi karena ribetnya layanan. Orang akan menghindari pajak selagi punya alasan," ujarnya.
 
Muslim menjelaskan, warga yang akan membayar pajak cukup datang ke ATM. Selanjutnya menaruh e-KTP di ATM dan semua data pembayaran pajak akan keluar.
 
"Nanti cukup meletakkan e-ktp akan keluar data bersangkutan termasuk data kendaraan yang akan mereka bayar, nanti keluar juga jumlah kewajiban," jelasnya.
 
Muslim menginginkan bukti pembayaran serupa dengan bukti yang dikeluarkan dengan sistem manual. Setelah bukti pembayaran keluar, maka warga tak perlu kembali ke Samsat untuk validasi. "Kemudian harus ada validasi STNK, nanti ada alatnya. Jadi validasi tidak dilayani orang lain, tapi pakai alat," katanya


(FZN)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

16 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /