Begini Seharusnya Samsat Online Beroperasi

Intan fauzi    •    27 Agustus 2015 15:30 WIB
pajak kendaraan
Begini Seharusnya Samsat Online Beroperasi
WArga bertanya tentang pelayanan samsat online. (Foto:MI/Ramdani)

Metrotvnews.com, Palembang: Pelayanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) online di berbagai daerah masih memiliki kekurangan. Banyak warga yang belum menikmati fungsi dan tujuan utama dibentuknya Samsat online.
 
Kepala Jasa Raharja cabang Sumatera Selatan (Sumsel) dan Bangka Belitung (Babel) Suhadi mengatakan, Samsat online dikonsep oleh Dispenda, Jasa Raharja, dan Kepolisian. Ada beberapa permasalahan yang dihadapi masyarakat dalam menggunakan fasilitas Samsat online.
 
Pertama, setelah transfer pembayaran pajak melalui ATM, warga harusnya tak perlu ke Samsat untuk validasi STNK. Artinya, proses dilakukan di satu tempat. Namun kenyataannya, setelah bayar di ATM, warga harus tetap ke Samsat untuk validasi.
 
Kedua, ada provinsi yang mengkhususkan pembayaran melalui ATM hanya dapat dilakukan oleh mereka yang memiliki minimal lima kendaraan roda empat. Ketiga, banyak provinsi yang mengharuskan warganya memiliki rekening bank daerah setempat jika ingin menggunakan Samsat online. “Warga harus jadi nasabah bank daerah,” kata Suhadi di Kantor Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Prov Sumsel, Jalan POM IX, Palembang, Sumsel, Kamis (27/8/2015).
 
Menurut Suhadi, Samsat online seharusnya memberi kemudahan pada warga. Suhadi mengklaim Samsat di Sumsel lebih baik dari provinsi lain.  Warga cukup bayar di ATM dan melakukan validasi di tempat yang sama. “Kalau ini terwujud, ini pertama di Indonesia Samsat sesempurna ini,” klaimnya.
 
Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Sumsel akan meluncurkan pelayanan Samsat online akhir tahun ini. Bukti pembayaran serupa dengan bukti yang dikeluarkan dengan sistem manual. Setelah bukti pembayaran keluar, warga tak perlu ke Samsat untuk validasi. "Validasi STNK nanti ada alatnya. Jadi validasi tidak dilayani orang lain, tapi pakai alat di ATM itu juga," kata Kepala Dispenda Sumsel Muslim.


(FZN)

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco
Bursa Transfer Pemain

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco

8 hours Ago

Manchester United tampaknya mulai menyerah mengejar winger Inter Milan Ivan Perisic. Teranyar, …

BERITA LAINNYA
Video /