Transaksi Capai Rp12 Miliar, Wisman Tukar Rupiah Melonjak 100%

Antara    •    27 Agustus 2015 16:52 WIB
wisatawan
 Transaksi Capai Rp12 Miliar, Wisman Tukar Rupiah Melonjak 100%
Wisatawan asing di Bali. ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Metrotvnews.com, Kuta: Wisatawan mancanegara yang sedang menikmati liburan di Bali, khususnya di objek wisata Pantai Kuta, Kabupaten Badung senantiasa mengunjungi usaha jasa penukaran valuta asing yang berderet sepanjang jalan daerah itu.

Seorang pengelola penukaran valuta asing di Kuta Rahman Empang mengatakan melemahnya nilai rupiah terhadap dolar hingga mencapai Rp14.000 per USD membuat nilai transaksi mengalami peningkatan hingga mencapai 100 persen.

"Banyak wisatawan mancanegara yang menukar uang dolar ke rupiah berdampak pada tingginya nilai  transaksi, hingga mengalami peningkatan berlipat ganda," ujar Rahman Empang di Bali, Kamis (27/8/2015).

Rahman menjelaskan, nilai transaksi ditempatnya bisa mencapai Rp4 miliar hingga Rp5 miliar per hari nya karena penguatan mata uang dolar AS.

"Kenaikan nilai transaksi itu bisa bertambah tergantung dari banyaknya konsumen yang datang. Dalam tiga hari yang lalu, nilai transaksi saja dihitung berkisar Rp12 miliar," ujar dia. 

Rahman menjelaskan, tidak semua wisatawan asing datang ke tempatnya untuk menukarkan mata uang mereka, namun ada juga menahan penguatan dolar AS ke level tertinggi. 

"Masih ada sejumlah wisman yang menahan uang mereka untuk tidak ditukarkan terlalu cepat. Mereka mencoba menahan dengan tujuan menunggu nilai mata uang lebih kuat," tutupnya.


(SAW)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

23 hours Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /