Hutama Karya Ajukan Tambahan Modal Rp3 Triliun Tahun Depan

Suci Sedya Utami    •    27 Agustus 2015 18:15 WIB
hutama karya
Hutama Karya Ajukan Tambahan Modal Rp3 Triliun Tahun Depan
Ilustrasi -- FOTO: Antara/Rekotomo

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Hutama Karya (Persero) diberi mandat sebagai salah satu BUMN yang mengerjakan proyek jalan tol Trans Sumatera. Untuk itu, perusahaan konstruksi pelat merah ini mengajukan penyertaan modal negara (PMN) sebesar Rp3 triliun pada 2016.

Direktur Utama Hutama Karya, I Gusti Ngurah Putra, mengatakan dari empat ruas tol Trans Sumatera yang digarap perseroan, PMN tersebut dimaksudkan untuk membiayai dua ruas saja yakni ruas Palembang-Indralaya dan Bakaheuni-Terbanggi Besar.

Dia menambahkan, ruas Palembang-Indralaya merupakan daerah yang paling maju progresnya dalam pembebasan lahan. Sementara di Bakauheni-Terbanggi Besar paling lambat progresnya karena memang yang paling akhir.

"Hutama Karya akan memprioritaskan PMN ruas Palembang-Indralaya dan ruas Bakaheuni-Terbanggi Besar," kata Putra, saat rapat kerja pengajuan PMN dengan Komisi VI DPR, di gedung DPR, Jakarta, Kamis (27/8/2015).

Dia merinci PMN yang akan disuntik ke ruas Palembang-Indralaya sebesar Rp1,512 triliun, di mana untuk konstruksi Rp1,214 triliun, peralatan tol Rp29 miliar, supervisi Rp21 miliar, eskalasi Rp52 miliar, PPN 10 persen Rp132 miliar, overhead Rp30 miliar, IDC Rp24 miliar, dan financing cost Rp8 miliar.

Sedangkan untuk ruas Bakauheni-Terbanggi Besar yakni Rp1,488 triliun, dengan rincian perencanaan Rp9 miliar, konstruksi Rp1,051 triliun, peralatan tol Rp23 miliar, Supervisi Rp 18 miliar, eskalasi Rp89 miliar, PPN 10 persen Rp19 miliar, overhead Rp27 miliar, IDC Rp133 miliar, dan financing cost Rp20 miliar.

"Hutama Karya tidak layak secara finansial, maka perlu dukungan pemerintah syarat mutlak terealisasinya proyek tol trans Sumatera," pungkasnya.


(AHL)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

1 day Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /