Jemaah Tertunda Karena Visa Minta Kloter Disatukan

Pythag Kurniati    •    27 Agustus 2015 19:03 WIB
haji 2015
Jemaah Tertunda Karena Visa Minta Kloter Disatukan
Dialog antara jemaah calon haji dengan Ketua PPIH, Ahmadi di embarkasi Solo, Kamis (27/8/2015). (Metrotvnews.com/Pythag Kurniati)

Metrotvnews.com, Solo: Puluhan jemaah calon haji embarkasi Solo, Jawa Tengah yang tertunda karena keterlambatan visa menuntut diberangkatkan secepatnya dalam satu kelompok terbang (kloter). 

Permintaan tersebut mengemuka saat dialog antara jemaah calon haji dengan Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), Ahmadi di embarkasi Solo, Kamis (27/8/2015).

Suyatno, calon haji asal Banjarnegara mengatakan tak mau diperlakukan seperti barang. “Kita ini manusia yang dari rumah sudah berbentuk kelompok-kelompok. Kita sudah saling kenal dekat dengan kelompok. Jangan seperti memindahkan barang,” ungkapnya.

Protes ini disampaikan karena strategi pemberangkatan bertahap yang dilakukan PPIH. Jemaah yang telah memegang visa haji diikutkan ke kloter berikutnya sehingga mereka harus terpisah rombongan.

Suyatno meminta PPIH segera memberangkatkan jemaah. "Kalau misalnya berangkat bersama-sama, jangan diberangkatkan pada kloter 35, kami sudah terlalu lama di sini. Kami ingin berangkat sebelum kloter DIY,” imbuh Suyatno.

Namun, Ketua PPIH Jawa Tengah Ahmadi menjelaskan bila jemaah ingin berangkat sebelum penerbangan kloter 35, harus dilakukan dengan open seat. Misalnya, jemaah yang harusnya terbang malam ini, akan diberangkatkan pada malam berikutnya di jam yang sama. Tetapi, tawaran tersebut ditolak calon jemaah haji.

"Saya yakin kalau itu bisa dilakukan maka sebelum kloter 35 bisa berangkat semua,” tuturnya.

Namun Ahmadi menyadari, berhari-hari jemaah berada di embarkasi Solo membuat mereka merasa senasib sepenanggungan. Jemaah pun tidak ingin dipisahkan dalam kloter yang berbeda-beda.

“Kami akan lakukan rapat koordinasi secepatnya untuk meminta teman-teman dengan hati nurani di kloter 21, 22 mundur satu rombongan untuk mempersilakan mereka yang tertahan lama ini segera berangkat” pungkasnya.

Hingga hari ini, sedikitnya 57 calon jemaah haji masih tertahan di Embarkasi Solo lantaran belum memegang visa. Sebanyak 19 kloter telah diberangkatkan dari embarkasi haji Solo. 


(SAN)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

23 hours Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /