OJK akan Wajibkan Pemilik Kapal Miliki Asuransi

Eko Nordiansyah    •    27 Agustus 2015 19:43 WIB
ojkasuransi
OJK akan Wajibkan Pemilik Kapal Miliki Asuransi
Kepala Eksekutif Pengawas IKNB OJK Firdaus Djaelani (FOTO ANTARA/Rosa Panggabean)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Firdaus Djaelani mengungkapkan pihaknya akan mewajibkan pemilik kapal untuk memiliki asuransi. Namun, OJK belum merinci secara lebih dalam terkait aturan teknis tersebut.

"Mungkin apa-apanya terkait teknisnya, itu masih akan dibicarakan lagi. Tapi akan segera dikeluarkan lagi kewajiban untuk pemilik kapal terutama yang di jalur domestik," ungkap Firdaus, di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (27/8/2015).

Dirinya menambahkan, kewajiban mengasuransikan kapal menjadi penting supaya ketika terjadi kapal karam maka ada pihak yang bertanggung jawab untuk mengangkat kapal tersebut. Ini penting agar tidak ada lagi kapal karam yang dibiarkan begitu saja.

"Mereka harus mengasuransikan kapalnya. Jadi kalau kapalnya karam itu harus ada yang angkat. Kalau tidak nanti bisa kepentok kapal lain bisa karam lagi. Makanya harus diangkat bangkai kapalnya. Khususnya di jalur perdagangan itu (jadi) kewajiban," jelas dia.

Sedangkan saat ini, dirinya menilai, sedikitnya pemilik kapal yang mengasuransikan kapalnya disebabkan oleh minimnya sosialisi mengenai pentingnga asuransi di sektor tersebut.

"Memang sekarang di-postpone dulu sampai September. Jadi sekarang itu Dirjen Perhubungan Laut bersama dengan asosiasi asuransi dan asosiasi pemilik kapal sedang melakukan pertemuan lagi, lakukan sosialisasi," pungkas dia


(ABD)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /