39 Kebakaran Terjadi di Kabupaten Semarang

Deo Dwi Fajar Hari    •    28 Agustus 2015 09:45 WIB
kebakaran
39 Kebakaran Terjadi di Kabupaten Semarang
Ilustrasi kebakaran.

Metrotvnews.com Semarang: Kelalaian manusia menjadi faktor utama terjadinya kebakaran. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang, Jawa Tengah mencatat hingga bulan Agustus 2015, ada 39 peristiwa kebakaran. Paling banyak, penyebab kebakaran dikarenakan kelalaian manusia.
 
Hal tersebut disampaikan Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Semarang, Joner Hutajulu, usai menyerahkan bantuan pada korban di Dusun Bodean, Desa Bancak, Kabupaten Semarang, Kamis (27/08/2015).
 
“39 kasus kebakaran yang tercatat hingga saat ini, penyebabnya kelalaian manusia. Penyebab lain juga adanya faktor cuaca yang panas berangin di musim kemarau," katanya.
 
Pihaknya selalu mensosialisasikan agar masyarakat selalu berhati-hati terhadap bahaya kebakaran. Dia mengingatkan warga untuk menjaga dan memelihara instalasi listrik di rumah masing-masing.
 
“Kami mengimbau pada masyarakat, untuk mengecek instalasi listrik maupun kompor sebelum meninggalkan rumahnya," tambah Joner.
 
Selain kasus kebakaran, BPBD Kabupaten Semarang juga mencatat ada 119 bencana tanah longsor dan enam musibah angin puting beliung yang terjadi. Karena keterbatasan anggaran, BPBD hanya memberikan bantuan berupa kebutuhan rumah tangga, sembako, selimut dan alat masak. Untuk perbaikan rumah maupun bangunan, belum dapat terealisasikan.
 
Peristiwa kebakaran yang terakhir terjadi di Dusun Bodean pada Rabu (26/08/2015), pukul 08.00 WIB menimpa dua rumah milik Rustam, 60, warga setempat. Kebakaran diduga akibat hubungan pendek arus listrik, yang menimbulkan percikan api hingga membuat rumah beserta isinya ludes terbakar.
 
“Rumah beserta isinya termasuk juga dua ekor kambing miliknya (Rustam), habis terbakar. Kerugian ditaksir Rp96 juta," ujar Kasi Trantib Kecamatan Bancak, Yusman.


(SAN)

Video /