Penyerapan Rendah, Ini Janji Ahok buat Warga DKI

LB Ciputri Hutabarat    •    28 Agustus 2015 10:12 WIB
pemprov dki
Penyerapan Rendah, Ini Janji Ahok buat Warga DKI
Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. (Foto: Antara/Yudhi Mahatma)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mempercepat penggunaan APBD tahun depan. Gubernur DKI Jakarta Basuki `Ahok` Tjahja Purnama berjanji akan melakukan penyerapan angaran secepatnya.
 
"Sabar 2016,  APBD kita kebut," kata Ahok di Balai Kota di Jalan Mesan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (28/8/2015).
 
Ahok menjelaskan, penyerapan APBD DKI rendah karena banyak pembangunan yang tak menggunakan dana APBD sendiri. Pasalnya, penggunaan anggaran APBD rentan disalahgunakan.
 
"Orang beli tanah saja enggak becus karena mau minta komisi. Ini kan baru kita sikat, makanya sekarang itu jadi pilihan, Anda mau serapan anggaran untuk ekonomi tapi dicolong orang atau pembangunan," ujarnya.
 
Ahok juga bilang, sejauh ini pembangunan di DKI berjalan baik meski tak menggunakan APBD. Kendati demikian, Ahok mengakui akan lebih efektif kalau Pemprov DKI menggunakan APBD dalam membangun.
 
"Idealnya memang pakai anggaran pemerintah untuk menstimulus ekonomi. Ini kan lokomotif. Jadi 2016 kita kebut," ujarnya.
 
Penyerapan APBD DKI hingga 21 Agustus baru 19,2 persen dari total Rp69,28 triliun. Belanja modal Pemerintah DKI tahun ini baru 2,43 persen yang terserap. Padahal, waktu tinggal empat bulan.


(FZN)