Gelapkan Royalti Novel Fifty Shades of Grey, Wanita Australia Didenda Rp196 Milyar

Nia Deviyana    •    28 Agustus 2015 10:17 WIB
fifty shades of grey
Gelapkan Royalti Novel Fifty Shades of Grey, Wanita Australia Didenda Rp196 Milyar
Trilogi novel FIfty Shades of Grey (Foto: usatoday)

Metrotvnews.com, Sydney: Dituduh menggelapkan royalti novel Fifty Shades of Grey,  seorang perempuan Australia diwajibkan membayar ganti rugi sebesar USD14 juta (sekitar Rp196 milyar) kepada rekannya.

Adalah Amanda Hayward, nama perempuan itu. Ia adalah Kepala Kelompok penerbit virtual berbasis Australia, The Writers Coffee  Shop (TWCS) yang pertama kali menerbitkan novel erotis best-seller sebagai serial e-book.

Pengadilan memutuskan Amanda berlaku curang kepada Jennifer Pedroza, satu dari empat pemilik asli TWCS, dengan cara melakukan pengaturan ulang sehingga dia bisa mengamankan royalti untuk dirinya sendiri.

Mengetahui keputusan itu, kuasa hukum Amanda masih bernegosiasi dengan hakim Susan McCoy mengenai jumlah yang harus dibayarkan kliennya. Ia mengatakan, Amanda baru bersedia membayar kerugian royalti setelah tercapai kesepakatan antara dua belah pihak.

Di sisi lain, Mike Farris selaku kuasa hukum Jennifer mengaku puas dengan keputusan hakim. Sebelumnya, Jennifer yang mengajukan gugatan di Pengadilan Tarrant Country pada Mei 2014, awalnya hanya meminta ganti rugi sebesar USD1 juta. "Kami lega dengan keputusan hakim," katanya sebagaimana dikutip ABC.net.au, Jumat (28/8/2015). 

Sementara, hakim membolehkan Amanda membayar ganti rugi dalam bentuk properti jika tak memiliki uang untuk membayarnya. Tak terima, David Keltner, pengacara Amanda akan mengajukan banding atas putusan itu.

Pernyataan bersalah terhadap Amanda bukanlah yang pertama diputuskan hakim. Sebelumnya, empat hakim di AS pada Februari lalu juga telah memutuskan hal yang sama.

Amanda dinyatakan menipu Jennifer dengan memintanya menandatangani perjanjian yang menghilangkan namanya dari bagian royalti penjualan, setelah Amanda menandatangani kesepakatan dengan Random House, penerbit utama novel itu.

Hak cipta novel Fifty Shade of Grey dimiliki oleh pengarang asal Inggris EL James, dan dijual ke Random House yang kemudian berhasil menjual lebih dari 100 juta eksemplar novel ke seluruh dunia.

Novel yang berkisah tentang percintaan Christian Grey dan Anastasia Steele ini telah diangkat ke layar lebar dan berhasil membukukan laba senilai USD570 juta di AS dan luar negeri, menurut situs pelacakan Box Office Mojo.


(AWP)


Video /