Warga Sumedang Demo Tolak Penggenangan Jatigede

Iwan Gumilar    •    28 Agustus 2015 14:01 WIB
waduk jatigede
Warga Sumedang Demo Tolak Penggenangan Jatigede
Waduk Jatigede di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Metrotvnews.com, Bandung: Puluhan warga Jatigede, Kabupaten Sumedang yang terdiri seniman dan budayawan Sunda menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung, Jumat (28/8/2015) siang.

Warga menolak penggenangan waduk Jatigede yang rencananya akan dilakukan pemerintah pada akhir bulan Agustus. Warga menilai penggenangan waduk akan merampas kesejahteraan masyarakat. Proses penyelesaian penggantian lahan dan tempat tinggal warga belum tuntas.

Dengan membawa spanduk dan poster, massa melakukan orasi di halaman Gedung Sate, Kota Bandung. Mereka meminta pemerintah menunda penggenangan waduk Jatigede. Pasalnya, pemerintah belum sepenuhnya memenuhi kewajiban ganti-rugi.

“Yang tergusur belum terselesaikan secara tuntas,” ujar Andita, salah satu warga yang ikut demonstrasi.

Warga menilai penggenangan waduk Jatigede sama halnya dengan merampas kesejahteraan masyarakat yang tinggal di wilayah Jatigede. Terlebih, hingga saat ini dana penggantian lahan dan pemukiman warga yang tergusur proyek pembangunan waduk Jatigede belum terselesaikan secara tuntas.

“Kalau tetap digenangi, itu sama saja merampas kesejahteraan rakyat,” timpal Saidah, warga lainnya.

Rencananya, pemerintah akan melakukan penggenangan waduk seluas 4.983 hektare itu pada akhir bulan ini. Waduk Jatigede diklaim dapat menampung 980 juta meter kubik air. Warga berharap pemerintah dapat menunda bahkan membatalkan rencana penggenangan waduk Jatigede.


(SAN)

Cancelo Segera Berseragam Inter Milan
Inter Milan 2017--2018

Cancelo Segera Berseragam Inter Milan

4 hours Ago

Joao Cancelo akan segera menandatangani kontrak bersama Inter Milan. Itu terjadi setelah dia lo…

BERITA LAINNYA
Video /