Penurunan Harga Minyak Dunia Belum Pengaruhi Produksi Pertamina Lubricants

Annisa ayu artanti    •    28 Agustus 2015 14:45 WIB
pertamina
Penurunan Harga Minyak Dunia Belum Pengaruhi Produksi Pertamina Lubricants
Pabrik Pertamina Lubricant. FOTO: MI/PANCA SYURKANI

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Pertamina Lubricant mencatat produksi oli tidak terpengaruh oleh harga minyak yang dari waktu ke waktu terus menunjukkan tren menurun. Diharapkan, hal ini tidak mengganggu aktivitas bisnis secara signifikan di masa-masa mendatang.

President Director Pertamina Lubricants Gigih W.H. Irianto menjelaskan dalam memproduksi oli, Pertamina Lubricants menggunakan bahan baku yang harganya mengikuti tren minyak dunia. Namun, pengaruh penurunan harga minyak dunia tidak langsung terasa dan baru dirasakan setelah dua bulan lamanya.

Misalnya, jelas Gigih, hari ini harga minyak dunia mengalami penurunan maka harga bahan baku oli akan terkena dampak dari penurunan tersebut di dua bulan berikutnya. 

"Kita tahu base oil hydro carbon, dia kelakuannya mengikuti kelakuan crude oil. Crude terdepresiasi 50 persen dia juga. Meski tidak sama ada jeda dua bulan begitu nyungsep dia baru dua bulan," kata Gigih, di Kantor Pusat Pertamina, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Jumat (28/8/2015).

Gigih menambahkan, meski nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) tengah mengalami tekanan begitu luar biasa namun tidak ada pengaruh terhadap bahan baku oli. Hal ini terjadi lantaran bahan baku oli hanya terpengaruh oleh pergerakan harga minyak dunia.

Terkait situasi dan kondisi ekonomi yang tengah tidak menentu seperti sekarang ini, lanjut Gigih, Pertamina Lubricants melakukan antisipasi dengan memberikan promosi harga. Program promosi yang dilakukan ini dilakukan dengan harapan pemasaran dan produksi tetap berjalan lancar.

"Sekarang diambil rata-rata kondisi menurunnya daya beli masyarakat harga pokok tak berubah banyak. Ada sisa satu persen hingga tiga persen dikompensasi pasar, karena daya beli turun menstimuli itu (diskon)," pungkas dia.


(ABD)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

3 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /