10 Ribu Hektare Sawah di Malang Puso

Aditya Mahatva Yodha    •    28 Agustus 2015 16:32 WIB
kekeringan
10 Ribu Hektare Sawah di Malang Puso
Foto ilustrasi kekeringan. (MI/Palce Amalo)

Metrotvnews.com, Malang: Sedikitnya 18 ribu hektare lahan pertanian di Kabupaten Malang, Jawa Timur mengalami kekeringan. Dari 18 ribu hektare lahan yang mengering, sekitar 10 ribu hektare dilaporkan mengalami puso. 

Lahan pertanian terluas yang mengalami puso atau gagal panen terdapat di Kecamatan Jabung, seluas tujuh ribu hektare sawah. Selebihnya, ada di empat kecamatan, yakni Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Turen, Pakis, dan Kecamatan Gondanglegi.

Fakta tersebut disampaikan Kepala Dinas Pengairan Kab Malang, Wahyu Hidayat. Menurutnya, berdasarkan hasil pengecekan Dinas Pengairan di lapangan ditambah informasi dari Dinas Pertanian dan Perkebunan setempat, diketahui bahwa lahan yang mengalami kekeringan seluas hampir 18 ribu hektare. Itu artinya lahan kering melanda sekitar 40 persen dari total lahan pertanian di Kabupaten Malang seluas 45.033 hektare. 

Bencana gagal panen tersebut ditengarai lantaran pasokan air dari jaringan irigasi menyusut drastis. Apalagi, dari 38 bak penampungan air yang dimiliki Dinas Pengairan, hanya 26 bak yang berfungsi dengan baik. Sementara 12 bak sisanya tidak optimal beroperasi.

Namun begitu, Dinas Pengairan menilai 26 bak tersebut masih cukup untuk menghindarkan lahan pertanian yang kekeringan dari ancaman gagal panen alias puso. 

"Tahun lalu banyak bak yang nyaris tidak berfungsi karena sedimentasi (pendangkalan) dan kemudian dikeruk sehingga mayoritas bak (26 bak) bisa berfungsi dengan baik sehingga masalah kekeringan masih kami kendalikan,” kata Wahyu, Jumat (28/8/2015).

Dinas Pengairan akan mengecek kondisi seluruh bak. Sebanyak 12 bak yang tidak berfungsi akan diperbaiki dengan cara mengeruk limbah dan timbunan lumpur yang memenuhi agar kedalaman bak tidak dangkal lagi.



(SAN)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

15 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /