Segarnya Main Air di Curug Agung Batang

Iswahyudi    •    30 Agustus 2015 10:05 WIB
wisata
Segarnya Main Air di Curug Agung Batang
Curug Agung. (Foto:Iswahyudi)

Metrotvnews.com, Batang: Sekelompok anak berenang di bawah guyuran air terjun Curug Agung di Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Cipratan air memberikan kesejukan dan keceriaan di wajah anak-anak tersebut. Siapa pun pasti tak tahan untuk ikut nyebur ke dalam air mancurnya.

Itulah salah satu kekayaan alam yang berlokasi di Desa Pasusukan, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang. Lokasinya masih 'perawan' atau belum tersentuh investor dan pengembang wisata. Belum tampak penginapan maupun restoran modern di sekitar air terjun ini. Keberadaannya pun masih diketahui dari mulut ke mulut saja.

Nasihin, 52, pengelola Curug Agung, mengatakan objek wisata itu murni hasil swadaya warga setempat. Beberapa tahun lalu, warga bergotong-royong membuka askes jalan menuju curug.

"Sekarang Curug Agung jadi ramai didatangi dari warga setempat maupun luar daerah," kata Nasihin.



Warga pun kini berusaha mengembangkan potensi ekonomi di sekitar Curug Agung. Misalnya dengan menjajakn kerajinan tangan dan kuliner. "Sehingga pengunjung akan ketagihan berkunjung," harap Nasihin.

Di lain tempat, Camat Bawang Dwi Irianto menyampaikan geliat potensi wisata alam desa justru akan mendongkrak berbagai aspek. Menurutnya, destinasi wisata alam pedesaan menjadi daya tarik tersendiri dibandingkan daerah perkotaan.

"Pengembangan wisata desa yang ada potensi alam seperti ini layak mendapatkan apresiasi dan acungan jempol. Berkat swadaya dan kerja keras masyarakat setempat ternyata membuahkan hasil. Semoga ini bisa menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk turut serta mengembangkannya," terangnya.

Dwi berharap pemerintah kabupaten mengalokasikan anggaran untuk mengembangkan potensi wisata desa. Salah satu caranya yaitu mempromosikan potensi itu ke luar kabupaten.


(LOV)


Video /