Beras Rastra Cuma Ditebus Rp1.600 per Kg

Lukman Diah Sari    •    31 Agustus 2015 09:26 WIB
Beras Rastra Cuma Ditebus Rp1.600 per Kg
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa

Metrotvnews.com, Nganjuk: Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menyebut, harga tebus beras untuk keluarga sejahtera (Rastra) hanya Rp1.600 per kilogram.

"Harga ini, bukan merupakan bantuan sosial. Tapi masuk ke subsidi pangan. Bagi penerima, harus tebus harga hanya Rp1.600," ujar Khofifah di Gudang Bulog Candirejo, Nganjuk, Jawa Timur.

Namun menurut dia, berbeda wilayah beda pula ongkos angkutnya. Jadi tak semua rata Rp1.600, tapi ada pula Rp2.000 per kilogram. Untuk itu Khofifah telah berkirim surat dengan Kementrian Dalam Negeri untuk bisa meng-cover ongkos angkut agar tak memberatkan masyarakat penerima Rastra. (Baca: Selalu Beli Beras Kualitas Baik, Kemensos Usul Raskin Ganti Nama Jadi Rastra)

"Kami sudah berkirim surat dengan Kemendagri terkait permohonan mengcover ongkos angkut," jelasnya.

Kata khofifah hal itu dilakukan, sebagai antisipasi bila pemerintah daerah tak meng-cover ongkos angkut Rastra di sejumlah daerah. Tak hanya itu, Gudang Bulog Candirejo ini pun jadi perhatian Mensos. Pasalnya, beras yang dihasilkan adalah produksi lokal memiliki kualitas beras yang sangat baik.

"Beras di sini kualitas terbaik yang pernah saya lihat," ujarnya.

Namun, untuk mencegah menurunnya kualitas beras. Khofifah berpesan, agar manajemen pergudangan diubah dengan menggunakan sistem 'firs in-firt out', guna mencegah beras berubah kualitasnya.

"Kulitas gudang menjadi penting, beras kan numpuk begitu. Manajemen pergudangan jadi faktor penting," tukasnya.
(ALB)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

3 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /