Digenangi Hari Ini, Ribuan Warga Terdampak Waduk Jatigede Bertahan

Ismail    •    31 Agustus 2015 09:59 WIB
waduk jatigede
Digenangi Hari Ini, Ribuan Warga Terdampak Waduk Jatigede Bertahan
Warga di wilayah terdampak penggenangan Waduk Jatigede masih beraktivitas seperti biasa. (Metrotvnews.com/Ismail)

Metrotvnews.com, Sumedang: Penggenangan atau pengisian awal air Waduk Jatigede, Sumedang, Jawa barat, dijadwalkan hari ini (Senin, 31/8/2015). Namun, ribuan warga di wilayah genangan masih banyak yang beraktivitas seperti biasa.

Pantauan Metrotvnews.com, warga di Desa Cipaku, Kecamatan Darmaraja dan Desa Sukakersa, Kecamatan Wado, Sumedang, tampaknya tidak terganggu dengan adanya penggenangan awal waduk Jatigede. Padahal, dua desa tersebut masuk dalam area Waduk Jatigede yang akan digenangi hari ini.

Di Desa Sukakersa, Kecamatan Wado, sebanyak 500 kepala keluarga masih tinggal dan belum membongkar rumah mereka. Sementara di Desa Cipaku hampir 90 persen yakni sekitar 800 kepala keluarga masih tinggal di lokasi.

"Warga di beberapa desa yang akan tergenang memang belum semuanya pindah atau membongkar rumah mereka," ujar Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kabupaten Sumedang, Deni Tanrus melalui sambungan telepon.

Padahal, kata Deni, pemerintah sudah mensosialisasikan kepada warga yang tinggal di wilayah genangan untuk segera membongkar dan pindah sebelum air menggenangi kawasan tersebut.

"Pembebasan lahan memang sudah dilakukan, hanya ada beberapa yang masih dalam proses di Pengadilan Agama, menyangkut persoalan hak ahli waris," katanya.

Selain itu, warga juga diberi tenggang waktu selama 30 hari untuk Desa Sukakersa dan 50 hari untuk Desa Cipaku.

"Diperkirakan air akan masuk ke wilayah dua desa tersebut pada waktu yang telah ditentukan, sementara untuk Desa Jemah sudah dilakukan pengosongan," sebutnya.


(SAN)


Video /