Bongkar Pasar Benhil, Ahok: Kita Mau Bangun 5 Pasar Modern

LB Ciputri Hutabarat    •    31 Agustus 2015 10:23 WIB
penggusuran
Bongkar Pasar Benhil, Ahok: Kita Mau Bangun 5 Pasar Modern
Pekerja mulai membongkora ruko di kawasan Pasar Benhil. (Foto: MI/Galih)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membangun lima pasar rakyat modern di kawasan bekas Pasar Benhil. Pemerintah mengklaim rencana pembongkaran Pasar Benhil sudah disosialisasikan sejak lama. Pemerintah bahkan menawarkan bantuan pemindahan barang buat pedagang.
 
Gubernur DKI Jakarta Basuki 'Ahok' Tjahja Purnama heran alasan penolakan pembongkaran bangunan di Jakarta karena masalah sosialisasi.
 
"Hampir semua pembongkaran di Jakarta pasti alasannya enggak ada sosialisasi, engga ada pemberitahuan. Enggak ada sosialisasi terus lapor Komnas HAM dan lapor LBH (Lembaga Bantuan Hukum). Padahal kami sudah sosialisasi jauh hari supaya kamu (pedagang) tahu," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (31/8/2015).
 
Masalah sosialisasi menjadi alasan warga di Pasar Benhil. Padahal, Pemprov DKI sudah melakukan sejumlah sosialisasi yang intens.  "Kami sudah baik hati menawarkan bantuan pemindahan barang. Kami suruh (pedagang) keluarkan sendiri barang tidak mau.   Ya sudah kami pagar. Kami tidak buang barang mereka. Kita kirim truk, mau pakai truk kami boleh truk kamu sendiri boleh," ujarnya.
 
Pasar Benhil rencanannya diubah menjadi pasar modern. Pembangunan sepenuhnya diserahkan pada pihak swasta.
 
"Itu (pembangunan kembali) sudah kerja sama dengan swasta. Pak Fauzi Bowo sudah tanda tangan. Makanya saya paksa dia (pedagang), ada beberapa surat yang kami (pemerintah) tanda tangan. Kami ingin ada pasar modern. Kita minta 5 pasar rakyat," katanya.


(FZN)


Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate
Timnas Inggris

Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate

3 weeks Ago

Adam Lallana merasa Gareth Southgate sudah melakukan keputusan tepat dengan tidak memanggilnya …

BERITA LAINNYA
Video /