Babak 12 Besar Divisi Utama Dilangsungkan Serentak

- 26 Juni 2013 19:34 wib
ANTARA/Yudhi Mahatma/fz
ANTARA/Yudhi Mahatma/fz

Metrotvnews.com, Surabaya: Pertandingan babak 12 besar sepak bola kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia 2012/2013 putaran pertama digelar serentak di sejumlah kota mulai 28 Juni 2013.

CEO PT Liga Indonesia Joko Driyono dalam keterangan pers, Rabu (26/6), menjelaskan PT Liga Indonesia sudah memutuskan sistem kompetisi penuh dengan format "home and away" (kandang dan tandang) untuk babak promosi ke Indonesia Super League (ISL) tersebut.

"Putaran pertama babak 12 besar akan berlangsung pada 28 Juni, 3 dan 6 Juli, setelah itu pertandingan diistirahatkan karena masuk bulan puasa. Sedangkan putaran kedua digelar setelah Hari Raya Idul Fitri pada 19, 23 dan 27 Agustus," katanya.

Joko Driyono mengatakan format kompetisi penuh digunakan pada babak 12 besar agar ke-12 kontestan yang berlaga bisa memenuhi kuota bertanding dalam sebuah kompetisi.

"Selama babak penyisihan grup, rata-rata klub bermain sedikit, terutama di Grup 1, karena kompetisi Divisi Utama dipecah menjadi lima grup untuk menekan biaya pengeluaran klub. Oleh karena itu, musim ini kami menghilangkan sistem turnamen dalam satu lokasi," ujarnya.

Kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia 2012/2013 diikuti 39 klub yang terbagi dalam lima grup dan selanjutnya dari masing-masing grup diambil dua klub peringkat teratas.

Untuk memenuhi kuota babak 12 besar, dua tim peringkat ketiga dari lima grup tersebut yang memiliki poin terbaik (tertinggi) berhak bergabung. Kontestan babak 12 besar dibagi dalam tiga grup.

Sesuai regulasi Liga Indonesia pasal 58 ayat 11, lanjut Joko Driyono, pemutihan kartu pada babak 12 besar hanya diberlakukan bagi pemain yang mengantongi kartu kuning saat babak penyisihan.

"Sedangkan untuk pemain yang mendapatkan kartu merah tidak langsung dan kartu merah langsung pada babak penyisihan tetap diberlakukan," tambahnya.

Ia menambahkan dari babak 12 besar akan diambil empat klub untuk berlaga di babak semifinal. Keempat klub itu adalah juara masing-masing grup dan peringkat kedua terbaik.

Pertandingan babak semifinal dijadwalkan berlangsung pada 6 September 2013 dan laga final berlangsung 10 September 2013 dengan lokasi yang masih akan diputuskan lebih lanjut.

"Klub peringkat satu hingga tiga mendapatkan tiket promosi ke ISL musim depan, sedangkan klub peringkat empat harus menjalani laga 'play-off' melawan klub penghuni peringkat ke-15 ISL untuk memperebutkan satu tempat di kompetisi ISL," ujar Joko Driyono.

Berikut pembagian grup babak 12 besar: Grup A: PSCS Cilacap, Persik Kediri, Persisko Tanjabar, Perseta Tulungagung Grup B: Persebaya Surabaya, PS Bangka, PSBS Biak, PSIS Semarang Grup C: Perseru Serui, Persikabo Kabupaten Bogor, Perseba Super Bangkalan, PS Mojokerto Putra. (Antara)

()

INGGRIS
SPANYOL
ITALIA
JERMAN
CHAMPIONS
INDONESIA

Mata Najwa: Babak Baru Indonesia

23 Juli 2014 12:25 wib

Mata Najwa: Pemilihan Presiden 2014. Sebuah proses yang panjang dan melelahkan. Tapi juga menumbuhkan harapan akan masa depan Indonesia yang lebih baik, lebih demokratis dan lebih partisipatif. Setelah bulan demi bulan bangsa ini seakan terpecah dalam dua kutub yang berbeda, maka penetapan hasil akhir oleh KPU semestinya menjadi titik untuk melanjutkan langkah. Saksikan Rabu, 23 Juli 2014 LIVE pukul 20:05WIB hanya di Metro TV.