Balai TNGM Akan Mereboisasi Hutan Lereng Merapi

Patricia Vicka    •    31 Agustus 2015 22:04 WIB
kebakaran hutan
Balai TNGM Akan Mereboisasi Hutan Lereng Merapi
Kondisi hutan di lereng Gunung Merapi pascakebakaran. Foto: Twitter BPBD Kabupaten Magelang

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) akan mereboisasi hutan di lereng Gunung Merapi yang terbakar.

Kepala Seksi Wilayah I Balai Taman Nasional Gunung Merapi, Nurpana Sulaksono, mengatakan reboisasi akan dilakukan secara bertahap di seluruh wilayah TNGM yang tandus dan gersang.

"Karena keterbatasan dana, kami melakukan reboisasi di lereng Merapi secara bertahap. Program reboisasi akan dilakukan dari 2015 hingga 2020," ujar Nurpana melalui sambungan telepon, di Yogyakarta, Senin (31/8/2015).

Untuk mulai memperbaiki, Balai TNGM mengelompokkan wilayah-wilayah di lereng Merapi berdasarkan karakteristik kerusakan wilayah.

"Wilayah akan dibagi menjadi wilayah yang rusak, sedang dan ringan. Kami akan fokus reboisasi dulu ke wilayah yang rusak, yakni wilayah yang terdampak erupsi Merapi 2010. Disusul wilayah lain," jelasnya.

Dalam rancangan penghijauan Balai TNGM, total ada sekitar 412 hektare lahan yang akan dihijaukan kembali dalam lima tahun ke depan. "Jumlah tersebut belum ditambah dengan luas lahan yang kemarin terbakar karena masih kami hitung," tuturnya.

Sebelumnya, api melahap hutan TNGM di lereng Merapi Blok Genthong, Desa Ngablak, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah sejak Rabu hingga Minggu petang, 26-30 Agustus.

Akibatnya ratusan pohon pinus di hutan seluas 37 hektare mati terbakar. Beberapa vegetasi tanaman lainnya ikut dilahap sang jago merah.

"Pohon pinus kami tinggi-tinggi, sedangkan api yang membakar kemarin hanya di bagian bawah saja. Sehingga yang terbakar hanya pohon pinus kecil. Sisanya ada beberapa tumbuhan seperti puspa, jambu biji, pakis dan salam yang rusak karena terbakar," katanya.


(UWA)


Indra Sjafri Minta Suporter Indonesia Hormati Lagu Kebangsaan Malaysia
Jelang Timnas U-22 vs Malaysia

Indra Sjafri Minta Suporter Indonesia Hormati Lagu Kebangsaan Malaysia

5 hours Ago

Timnas U-22 akan bentrok dengan Malaysia pada laga kedua Grup B. Pertandingannya berlangsung di…

BERITA LAINNYA
Video /