Pilkada Surabaya

PAN: KPU Tak Pernah Verifikasi Surat Rekomendasi

Amaluddin    •    31 Agustus 2015 22:37 WIB
pilkada serentak
PAN: KPU Tak Pernah Verifikasi Surat Rekomendasi
Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional, Suyoto. Foto: MTVN/Amal

Metrotvnews.com, Surabaya: DPP PAN menyebut KPU Kota Surabaya tak pernah bertemu dengan Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan dan Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno untuk menanyakan keabsahan surat rekomendasi asli pasangan Rasiyo-Dhimam Abror Djuraid.

"KPU memang pernah ke DPP, tapi saya tak mendengar kedatangannya itu untuk memverifikasi surat rekomendasi," kata Wakil Ketua Umum DPP PAN, Suyoto, di kantor DPW PAN Jawa Timur, di Jalan Darmo Kali, Surabaya, Senin (31/8/2015).

KPU mengklaim sudah datang ke DPP untuk memverifikasi surat rekomendasi tersebut. Namun, pengakuan itu dibantah Suyoto. Sebab, kata dia, KPU tidak menanyakan apakah surat itu asli atau tidak. KPU hanya menanyakan benar atau tidak DPP PAN mengirimkan surat hasil pemindaian tertanggal 11 Agustus dan surat tertanggal 19 Agustus.

"Mestinya KPU ke DPP itu tanya, apa surat ini asli atau tidak. Ini bukan rezim administrasi. Namanya arsip beda itu Pasti. Masa titik koma dipersoalkan," katanya.

Suyoto menegaskan ketum maupun sekjen siap dikonfirmasi ulang mengenai rekomendasi itu. "Ketum dan sekjen kami siap dikonfirmasi," katanya.

Sebelumnya, pada Minggu, 30 Agustus, Ketua KPU Kota Surabaya Robiyan Arifin mengatakan telah memverifikasi keaslian surat rekomendasi itu ke DPP PAN.

"Kami sudah memverifikasi dan menanyakan, apakah benar ini dokumen yang diserahkan dalam bentuk scan? DPP PAN menjawab Benar. Kemudian kami tanya lagi apakah benar ini dokumen yang diserahkan pada tanggal 19 ke KPU dari DPP? DPP juga menjawab benar," ujarnya.

Namun, saat rapat pleno penetapan peserta pilkada, KPU Kota Surabaya menyimpulkan dokumen itu tidak identik dengan yang asli. "Kami meyakini bahwa dokumen scan yang diserahkan kepada kami itu akan diganti dengan yang asli dan identik, tapi ternyata yang diserahkan berbeda. Hasilnya tidak identik," katanya.


(UWA)


Kapten Timnas U-22 Absen Hingga Piala AFF Berakhir
Piala AFF U-22 2019

Kapten Timnas U-22 Absen Hingga Piala AFF Berakhir

6 hours Ago

Syarif Alwi selaku dokter timnas U-22 menjelaskan, Andy Setyo menderita kompresi hernia sejak m…

BERITA LAINNYA
Video /